Perjalanan Gaji 13 2020 yang Akhirnya Dicairkan Sri Mulyani

Hendra Kusuma - detikFinance
Selasa, 21 Jul 2020 17:46 WIB
Ilustrasi THR
Ilustrasi/Foto: Muhammad Ridho
Jakarta -

Pencairan gaji ke-13 pegawai negeri sipil (PNS) tahun 2020 berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Biasanya proses pencairan berlangsung setiap bulan Juli atau pada masa dibukanya tahun ajaran baru sekolah.

Untuk tahun 2020, pemerintah sudah disibukkan dengan dampak COVID-19 pada perekonomian Indonesia. Pada saat itu juga pemerintah memutuskan untuk merelokasi dan refocusing anggaran dan program yang tidak prioritas sebagai modal pemerintah memenuhi kebutuhan anggaran untuk COVID-19.

Berdasarkan catatan detikcom, pemerintah sudah beberapa kali mengubah postur APBN tahun anggaran 2020. Yang paling terbaru tertuang pada Perpres 72 Tahun 2020. Anggaran gaji ke-13 pun sudah tertuang dalam APBN, hanya saja pencairannya lambat diputuskan oleh pemerintah.

Pada bulan Mei 2020, Kementerian Keuangan belum memutuskan pencairannya dan selalu bilang pemerintah sedang fokus menangani dampak COVID-19 terhadap perekonomian nasional. Staf Khusus Menteri Keuangan Yustinus Prastowo saat itu bilang gaji ke-13 baru akan diputuskan pada Oktober mendatang.

"Oktober akan diputuskan, lalu pencairan setelah itu," tambahnya.

Dia mengatakan, langkah itu diambil sebagai upaya pemerintah untuk menangani dampak virus Corona. Pemerintah sendiri saat itu tengah fokus pada bantuan sosial (bansos) dan memberikan dukungan pada UMKM.

"Ini hanya untuk menjaga prioritas, yaitu penanganan pandemi terutama Bansos dan dukungan untuk UMKM," ujarnya.

Pada awal Juli 2020, Prastowo kembali mengungkapkan belum ada tanda-tanda keputusan pencairan gaji ke-13.

Selang beberapa hari, Menteri Keuangan Sri Mulyani pun meminta kepada PNS sabar menunggu keputusan pencairan gaji ke-13 tahun 2020.

"Sabar, nanti ya," singkat Sri Mulyani di gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (15/7/2020).

Pada kesempatan yang sama, Dirjen Anggaran Kementerian Keuangan, Askolani juga tidak memberikan jawaban pasti mengenai pencairan gaji ke-13. Dia menegaskan saat ini pemerintah sedang fokus pada penanggulangan dampak COVID-19.

"Nanti dulu. Fokus COVID dulu kita," kata Askolani.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Ketua DPRD Tolitoli Nyaris Adu Jotos dengan Kepala BKD"
[Gambas:Video 20detik]