Bagaimana Sepak Terjang Jokowi Lawan Corona di Mata Pengusaha?

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 23 Jul 2020 15:22 WIB
Poster
Foto: Edi Wahyono
Jakarta -

Survey Lembaga Indikator Politik Indonesia menyebutkan bahwa pelaku usaha menilai kinerja pemerintah pusat yang dipimpin Presiden Joko Widodo masih buruk dalam menangani virus Corona.

Indikator Politik sendiri melakukan survey terhadap 1.176 pengusaha pada 7 sektor unggulan, mulai dari sektor pertanian, perikanan, pertambangan, industri pengolahan, konstruksi, perdagangan besar dan eceran mobil dan sepeda motor, serta pengangkutan dan pergudangan.

Dari survey tersebut 46,3% pengusaha menilai kinerja Jokowi menghadapi COVID-19 atau virus Corona buruk dan 2,5% menyebut sangat buruk. Hanya 18,7% pengusaha menilai kinerja Jokowi baik dalam mengahadapi Corona dan 4,1% lainnya mengaku sangat baik. Sisanya menganggap biasa saja dan tidak menjawab.

"Pelaku usaha cenderung menganggap buruk dalam tangani masalah COVID-19 evaluasinya, mungkin bagaimana government handle crisis," ungkap Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi, dalam sebuah webinar, Kamis (23/7/2020).

Meski begitu, Burhanuddin menjabarkan pelaku usaha masih mempercayai Jokowi memimpin Indonesia. Hasil survey menyebutkan 5,2% pelaku usaha masih mempercayai kepemimpinan Jokowi, dan 62,6% lainnya cukup percaya.

Hanya 9,2% pengusaha saja yang mengaku sudah tidak lagi memiliki kepercayaan terhadap kepemimpinan Jokowi. Sementara itu sisanya biasa saja dan tidak menjawab.

"Nah tapi pemerintah pusat meski dianggap buruk kinerjanya, tapi trust pelaku bisnis ke Presiden masih positif," ujar Burhanuddin.

Berlanjut ke halaman selanjutnya.



Simak Video "Siapkah Indonesia Hadapi Varian Corona yang Lebih Ganas?"
[Gambas:Video 20detik]