Rizal Ramli Kritik Target Ekonomi Ridwan Kamil: Pencitraan Doang

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Kamis, 23 Jul 2020 19:10 WIB
Sejumlah tokoh mulai dari Wakil Ketua DPRD DKI Abraham Lulung Lunggana hingga mantan Menko Kemaritiman Rizal Ramli menghadiri acara Indonesia Menggugat, Jakarta Menggugat!!! di Gedung Juang 45, Jalan Menteng Raya, Kamis (15/9/2016).
Foto: Hasan Al Habshy
Jakarta -

Ekonom Senior Rizal Ramli mengkritisi target pertumbuhan ekonomi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Ridwan Kamil sebelumnya pernah menyatakan, ekonomi Jawa Barat bakal tumbuh 9%.

"Kalo Emil ngomong gede sekian persen, emang dia pernah bisa naikin sampai segitu, janganlah gede-gede gitu, yang konkret aja, 7-6% Jawa Barat sementara udah bagus," katanya dalam acara Ngopi Bareng RR, Kamis (23/7/2020).

Mantan menteri koordinator bidang kemaritiman ini juga menyinggung masalah strategi dan kebijakan untuk meraih pertumbuhan 9% tersebut.

"Dan saya tidak pernah lihat rencananya mau naikin 9%, bagaimana caranya, strateginya apa, policy-nya apa, Emil mah pencitraan doang kaga ada isinya," ujarnya.

Sebelumnya, Ridwan Kamil mengatakan, pertumbuhan ekonomi Jabar akan melompat 9% pada tahun 2021 pasca pandemi COVID-19 berakhir. Sementara, tahun ini diperkirakan hanya tumbuh 2-3%.

"Kita optimis sampai akhir Desember, Jawa Barat masih bisa positif minimal di 2% sampai 3% dan berharap 2021 lompat ke 9%, ada euforia. Kemudian normal lagi 5% di tahun-tahun berikutnya," kata dia dalam acara DBS Asian Insights Conference 2020 di saluran YouTube DBS Indonesia, Kamis (16/7/2020).



Simak Video "Target Ekonomi Jabar Disebut Pencitraan, Ini Kata Ridwan Kamil"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/eds)