Bos ASDP Blak-blakan soal Kunci Sukses Pimpin Perusahaan

Danang Sugianto - detikFinance
Kamis, 23 Jul 2020 21:36 WIB
Dirut ASDP Ira Puspadewi
Foto: Dok. ASDP

Meski sering dipandang sebagai wanita yang sukses, bukan berarti dia tidak pernah mengalami tantangan dan jatuh. Saat dia bekerja di luar negeri merupakan masa terberatnya.

Sebagai wanita asal negara berkembang, dia sering mengalami perlakuan yang rasis. Salah satu yang paling diingat ketika dia diperlakukan seperti itu oleh rekan kerjanya yang juga berasal dari Asia.

"Pernah saat saya bekerja di perusahaan di San Francisco, ada orang yang rasnya berbeda dengan saya tapi orang Asia juga, tapi menurut saya perilakunya terhadap saya rasis sekali, saya menangis. Saya sudah mau keluar, tapi teman saya dari India, dia bilang kenapa harus menyerah untuk orang seperti dia. Saya pikir benar juga," tuturnya.

Sejak saat itu dia punya pendirian tidak akan pernah keluar dari sebuah perusahaan dalam keadaan mental yang jatuh. Sebab itu artinya dia menyerah terhadap keadaan. Ira percaya ketika dia meninggalkan sebuah perusahaan dalam kondisi sukses, dirinya akan dirindukan banyak orang.

"Jangan sampai jadi orang keluar dalam keadaan menyerah. Itu yang membuat saya terus bertahan," ujarnya.

Meski begitu, Ira tidak pernah merasa sukses dengan jabatannya saat ini. Sebab menurutnya kesuksesan adalah ketika bisa merespon tantangan dengan tepat. Kesuksesan tak bisa diukur dengan materi dan jabatan.

"Saya belajar dari seorang kawan, sukses itu tidak bisa dibilang orang yang mobilnya Lamborghini lebih sukses dari yang punya mobil Innova. Sukses itu adalah kemampuan merespon tantangan dengan tepat. Jadi kalau pelajar apa tantangannya ya ujian, kalau jadi staf baru tantangannya bisa mengerjakan dengan baik tugas yang diberikan manajernya. Jadi kalau kita perjalanannya panjang, kita makin terampil, makin mengumpulkan banyak kesuksesan terhadap tantangan secara tepat," tutupnya.

Halaman


Simak Video "Antisipasi Corona, Thermo Scanner Dipasang di Pelabuhan Merak"
[Gambas:Video 20detik]

(das/hns)