Kosta Rika Kembali Buka Penerbangan untuk Wisatawan Mancanegara

Soraya Novika - detikFinance
Jumat, 24 Jul 2020 10:16 WIB
Ilustrasi pesawat
Ilustrasi/Foto: iStock
Jakarta -

Kosta Rika akan membuka kembali akses penerbangan di dua bandara per 1 Agustus. Akses ini diperuntukkan khusus untuk wisatawan mancanegara (wisman) dari Uni Eropa, Inggris, dan Kanada. Padahal, jumlah peningkatan kasus virus Corona harian mereka masih menjadi yang tertinggi hingga saat ini.

Menurut Menteri Pariwisata Kosta Rika Gustavo Segura, dua bandara yang bakal dibuka adalah bandara Juan Santamaria di San Jose dan bandara Daniel Oduber di timur laut Kosta Rika.

"Keduanya memiliki prosedur sanitasi yang diperlukan untuk melanjutkan operasinya setelah ditutup sejak Maret lalu untuk memperlambat penyebaran virus COVID-19," ujar Segura dikutip dari Reuters, Jumat (24/7/2020).

Meski demikian, wisatawan asal AS, sebagai wisatawan yang paling banyak berkunjung ke negara tersebut, justru tidak termasuk dalam daftar yang diperbolehkan masuk ke sana. Sebagaimana diketahui, jumlah wisatawan AS yang berkunjung ke Kosta Rika setiap tahunnya bisa mencapai 40% dari total wisman mereka.

Segura menambahkan, turis Inggris, Eropa, dan Kanada hanya diizinkan masuk ke negara itu dengan syarat hasil tes COVID-19 negatif. Selain itu, para turis tersebut wajib menyertakan asuransi perjalanan yang akan menanggung biaya karantina atau medis lainnya.

Kosta Rika mendaftarkan rekor 768 kasus baru virus COVID-19 pada Kamis (23/7) kemarin sehingga total kasus di sana mencapai 13.129 orang.



Simak Video "Data BPS: Wisatawan Mancanegara Turun Drastis, Merosot 88%"
[Gambas:Video 20detik]
(ara/ara)