Corona Bikin Bisnis Pelabuhan Babak Belur, Begini Kondisinya

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Jumat, 24 Jul 2020 13:50 WIB
Kapal Raksasa Masuk Priok
Foto: Tim Infografis, Luthfy Syahban
Jakarta -

Virus Corona memberi dampak di hampir seluruh kegiatan usaha, termasuk pelabuhan. Hal ini membuat arus orang maupun barang mengalami penurunan.

Direktur Utama PT Pelindo II/IPC Arif Suhartono mengatakan, arus kontainer pada Juni 2020 mengalami penurunan 8,3% dibanding bulan yang sama tahun lalu. Namun, penurunannya tidak sedalam Mei yang sekitar 11%.

"Sampai bulan Juni 8,3%, Mei 11% tapi alhamdulilah Juni ada sedikit kenaikan, dibanding 2019 hanya turun 8,3%," katanya dalam diskusi virtual, Jumat (23/7/2020).

Dia menjelaskan, arus kontainer di bisnis pelabuhan mengalami penurunan tajam di bulan Mei karena disebabkan pandemi COVID-19. Serta, karena adanya momen Lebaran.

"Kedua impact Lebaran, ini biasanya seminggu before dan after itu terjadi hampir tidak aktivitas meskipun Lebaran tahun ini berbeda dengan tahun lalu," ujarnya.

Dalam paparannya, dari segmen non kontainer turun 11,8%, shipping call 13,9% dan penumpang 280%. Dia menambahkan, kendati dari sisi penumpang mengalami penurunan tajam tapi tidak terlalu berpengaruh pada aspek finansial perusahaan pelabuhan pelat merah ini.

"Memang penumpang di IPC tidak terlalu banyak memberikan dampak finansial," ujarnya.



Simak Video "Kasus Corona di RI Melonjak, 4 September Tambah 3.269"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/dna)