Pelindo II Bakal Perbanyak Peralatan dari Produk Lokal

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Jumat, 24 Jul 2020 15:51 WIB
Begini suasana di terminal penumpang Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Jumat (22/5). Memasuki H-2 Lebaran, kawasan Pelabuhan Tanjung Priok sepi dari pemudik.
Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Dampak Corona membuat arus barang PT Pelindo II (Persero) atau IPC menjadi terhambat. Hal itu juga berdampak pada perawatan atau maintenance peralatan-peralatan pelabuhan.

Belajar dari hal tersebut, Direktur Utama Pelindo II Arif Suhartono mengatakan, pihaknya akan menggeser penggunaan peralatan ke produk-produk dari dalam negeri.

"Belajar dari itu saya akan membuat proram mendomestikan semua spare part yang ada di peralatan-peralatan pelabuhan. Kami harapkan mungkin 80-90% kita shifting ke domestik," katanya dalam diskusi vistual, Jumat (24/7/2020).

Dia mencontohkan, salah satu peralatan yang dimaksud seperti ban. Dia bilang, beberapa produsen peralatan menyatakan kesanggupan untuk mendukung produksi tersebut.

"Ini beberapa contoh yang sudah kita bicara maker lokal dan mereka sanggup untuk mensupport industri pelabuhan," katanya.

Dia mengatakan, dengan menggeser ke produk lokal maka bisa menciptakan lapangan kerja, membantu neraca pembayaran, hingga menurunkan biaya dari Pelindo II.

"Yang menarik costnya bisa turun, bisa membantu rakyat membantu negara juga ini kami lakuakn di Pelindo II," ujarnya.



Simak Video "Pelindo II: Aktivitas Kargo Turun 6,5% Terimbas Virus Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/dna)