ASDP Kelola 12 Dermaga Penyeberangan Baru di Danau Toba

Hendra Kusuma - detikFinance
Sabtu, 25 Jul 2020 13:30 WIB
UNESCO menyepakati Kaldera Toba sebagai UNESCO Global Geopark dalam Sidang ke-209 Dewan Eksekutif UNESCO hari Selasa 7 Juli  2020.
Foto: KBRI Paris
Jakarta -

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan Kementerian Perhubungan akan menghibahkan 12 terminal atau dermaga yang berada di Danau Toba kepada PT ASDP Indonesia Ferry (Persero). Dia pun meminta jajaran direksi ASDP bersiap diri.

Hal itu diungkapkan saat meresmikan aplikasi reservasi online tiket ferry atau Ferizy di terminal eksekutif Merak, Banten, Sabtu (25/7/2020).

"Saya harapkan apa yang dilakukan hari ini membuka Ferizy merupakan langkah yang advance, saya harapkan juga kita akan membuka 12 terminal yang sangat baik di Toba dan itu akan kita berikan kepada ASDP," kata Budi Karya melalui video conference.

Danau Toba masuk ke dalam lima pariwisata super prioritas oleh pemerintah dan sebagai kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN).

"Jadi Bu Ira (Dirut ASDP) siap untuk mengelola dan di situ ada unsur komersialnya, di mana ASDP bisa mengelola seperti mini mal, dan di situ kita mengedukasi kepada masyarakat untuk berbuat, melakukan kegiatan lebih baik dan lebih madani," ujarnya.

Budi Karya mengaku koordinasi antara Kementerian Perhubungan dengan Kementerian BUMN dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dapat mengoptimalkan potensi destinasi lokal.

"Pak Erick tadi di pesawat sudah bicara, kita sebenarnya memiliki potensi tourism lokal yang luar biasa, kita tidak perlu mimpi tinggi, tapi itu yang saya apresiasi karena ketajaman visi Pak Erick itu pasti memberikan kesuksesan, PR berikutnya Pak Danau Toba ada 12 terminal kita hibahkan ke ASDP. Semoga itu menjadi suatu kekuatan bagi ASDP dan memberikan pembelajaran bagi masyarakat," ungkapnya.

Perlu diketahui, Kementerian Perhubungan menyiapkan anggaran sekitar Rp 1,06 triliun untuk membangun dan mengembangkan sektor transportasi di kawasan Danau Toba, Sumatera Utara.

Dari anggaran tersebut sebagian dimanfaatkan untuk membangun 12 terminal atau dermaga penyeberangan di Danau Toba. Sebanyak 12 terminal berada di daerah Balige, Muara, Ambarita, Ajibata, Simanindo, Tigaras, Sipinggan, Onan Runggu, Onan Baru, Nainggolan, Pakkara, dan Marbun Toruan.



Simak Video "Menhub: Transportasi Bukan Hanya Soal Biaya, tapi Juga Dampak Lingkungan"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/eds)