Dari Era Megawati hingga Jokowi, Kenapa PNS Diberi Gaji 13?

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Sabtu, 25 Jul 2020 16:23 WIB
Ilustrasi THR
Ilustrasi/Foto: Muhammad Ridho

Kemudian, pengamat kebijakan publik Trubus Rahardiansyah menilai gaji ke-13 PNS sendiri menilai gaji 13 diberikan untuk mendorong kinerja PNS. Secara ekonomis, gaji ke-13 juga diberikan untuk menyejahterakan para PNS sehingga bisa menjaga daya beli masyarakat tidak turun.

"Mendorong kedisiplinan, profesionalitas, dan menaikkan kinerjanya PNS. Karena gajinya kan memang dulu nggak sebesar kayak di swasta. Pemerintah juga mau naikkan kesejahteraan mereka, jaga daya beli mereka juga," ujar Trubus kepada detikcom.

Selama ini gaji ke-13 juga identik dengan bantuan pemerintah bagi PNS untuk membayar biaya pendidikan anaknya. Pasalnya gaji 13 sering diberikan di pertengahan tahun, yang notabenenya merupakan tahun ajaran baru pendidikan.

Namun, menurut Trubus, itu hanya kebetulan saja. Gaji 13 tidak ada hubungannya dengan dana pendidikan bagi anak para PNS.

"Nggak lah itu nggak ada hubungannya. Memang bulannya aja, kan berhubungan dengan bulan anggaran aja. Bukan karena anaknya PNS anaknya mau sekolah mau kuliah, kebetulan aja," kata Trubus.



Simak Video "Ketua DPRD Tolitoli Nyaris Adu Jotos dengan Kepala BKD"
[Gambas:Video 20detik]

(hns/hns)