Kata Pakar soal Aksi Bos PS Store yang Hobi Giveaway

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Rabu, 29 Jul 2020 14:34 WIB
Bos PS Store Putra Siregar bersama koleksi mobilnya
Foto: Instagram @putrasiregarr17
Jakarta -

Pemilik PS Store, Putra Siregar (PS) kerap membagi-bagikan hadiah (giveaway) di media sosial. Langkah ini dianggap sebagai jurus jitu untuk menggaet konsumen.

Pakar Marketing Yuswohady mengatakan, bagi-bagi hadiah atau giveaway sebenarnya sebuah hal yang biasa atau umum untuk memikat konsumen. Namun, hal ini menjadi berbeda di era digital seperti sekarang ini.

"Yang menarik beberapa tahun terakhir munculnya influencer dan youtuber, model bisnisnya simpel mengumpulkan massa sebanyak mungkin ketika Atta (Ata Halilintar) punya konten bagus, atau Baim Wong punya konten bagus dia mengumpulkan massa maka kemudian nilai dia akan naik di mata pengiklan. Jadi follower, jumlah follower menjadi currency," jelasnya kepada detikcom, Rabu (29/7/2020).

Dia menjelaskan, giveaway ialah alat untuk mengumpulkan massa atau follower. Dia bilang, follower inilah yang menjadi basis konsumen. Konsumen inilah yang kemudian menjadi kekuatan karena menyebarkan informasi terkait produk-produk yang dijual, termasuk yang dilakukan PS Store.

"Sekarang metode yang muncul mengumpulkan massa dengan giveaway maka konteksnya karena si PS youtuber, influencer juga, kalau sudah subscriber atau IG followernya besar itulah basis konsumen dia. Tapi itu core konsumen. Jadi, barangkali nggak beli produknya, tapi (follower) dia yang ngomong, word of mouth dari situ," terangnya.

"Bahkan mungkin yang beli barangnya itu sebagian besar yang beli bukan yang ada di dalam follower dia, tapi follower berfungsi sebagai corong, kekuatan dia di situ," tambahnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Terungkap! PS Store Dapat HP Ilegal dari Orang Ini"
[Gambas:Video 20detik]