Mark Zuckerberg hingga Jeff Bezos Dicecar Habis-habisan di DPR

Trio Hamdani - detikFinance
Kamis, 30 Jul 2020 10:11 WIB
Mark Zuckerberg
Mark Zuckerberg/Foto: Getty Images

Zuckerberg mengakui dirinya memandang Instagram sebagai pesaing ketika membeli perusahaan pada 2012. Tetapi dia mengatakan bahwa masih jauh buat aplikasi berbagi gambar tersebut mencapai skala seperti yang dia lakukan dengan Facebook.

Facebook juga dituduh terlalu lambat untuk menghapus informasi yang salah tentang COVID-19, dan mengatakan bahwa ukuran perusahaan membuatnya sulit untuk mengawasi konten.

CEO Amazon Jeff Bezos saat dicecar anggota kongres berusaha untuk menyelesaikan jawabannya bahkan ketika anggota kongres menyela dia.

Pertanyaan mereka sebagian besar berkisar pada bagaimana Amazon menggunakan data dari perilaku pelanggan untuk bersaing dengan penjual pihak ketiga yang memasarkan produk mereka melalui Amazon.

"Anda dapat menetapkan aturan permainan untuk pesaing Anda tetapi tidak benar-benar mengikuti aturan yang sama untuk Anda sendiri," kata anggota kongres AS Jayapal.

Bezos mengatakan perusahaan sedang menyelidiki laporan Wall Street Journal yang meminta perhatian pada praktik tersebut, dan bahwa perusahaan akan mengambil tindakan terhadap karyawan yang melanggar kebijakan internal seputar penggunaan data pelanggan.

Bezos juga tampak terkejut dengan rekaman audio dari vendor Amazon Marketplace yang mengatakan perusahaan mengeluarkannya dari platformnya tanpa penjelasan, dan mengatakan dia tidak percaya ada masalah sistemik dengan cara perusahaan memperlakukan vendor pasarnya.

Lalu CEO Apple Tim Cook menghadapi pertanyaan tentang kebijakan Apple terhadap pengembang aplikasi yang menjual aplikasi melalui App Store. Pengembang pihak ketiga menuduh perusahaan tidak konsisten dalam cara memperlakukannya.

Anggota lainnya, Hank Johnson menggali masalah ini, menanyakan apakah Apple memotong kesepakatan khusus dengan Amazon untuk mengambil biaya yang lebih rendah. Cook mengatakan bahwa tarif yang lebih rendah tersedia untuk setiap pengembang yang memenuhi persyaratan.

Cook juga membela kebijakan Apple untuk mengambil potongan 30% dari transaksi yang dilakukan melalui aplikasi yang diunduh melalui App Store, dengan mengatakan bahwa komisi itu sama atau lebih rendah dari platform digital lainnya.

"Jika Anda seorang pelanggan, dan Anda tidak suka pengaturan, pengalaman kurasi App Store, Anda dapat membeli Samsung," katanya.

Halaman

(toy/ara)