Kata Pengusaha soal Komisaris BUMN Baja Pilihan Erick Thohir

Vadhia Lidyana - detikFinance
Jumat, 31 Jul 2020 18:15 WIB
Krakatau Steel (istimewa)
Foto: Krakatau Steel (istimewa)
Jakarta -

PT Krakatau Steel Tbk (KRAS) melalui putusan dalam hasil Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang dilaksanakan di Financial Hall, Gedung CIMB Niaga, Jakarta pada hari Rabu 29 Juli 2020 bahwa dilakukan perubahan pengurus perseroan, khususnya pada jajaran komisaris. Tiga orang sosok baru dari dua kementerian lainnya ikut meramaikan pengurus di perusahaan baja pelat merah ini.

Dalam rapat tersebut Menteri BUMN Erick Thohir menunjuk Suhanto, Trisasongko Widianto, serta David Pajung sebagai anggota baru komisaris perseroan. Suhanto saat ini menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Kementerian Perdagangan (Kemendag), sedangkan Trisasongko Widianto adalah Direktur Jenderal Bina Konstruksi di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Andi Rukman N Karumpa selaku Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia menyampaikan rasa bahagia serta apresiasi atas putusan pemerintah untuk mengangkat Dirjen Bikon Kementerian PUPR dan Sekjen Kemendag sebagai komisaris Krakatau Steel. Andi menilai mereka berdua merupakan figur yang sangat kompeten dan profesional untuk mengisi posisi tersebut.

"Mereka juga memiliki pengalaman yang cukup panjang di dunia konstruksi nasional serta rantai pasok. KADIN berharap, kegiatan infrastruktur Indonesia benar-benar mempergunakan produksi dalam negeri dan tidak lagi impor baja yang memang bisa diproduksi dalam negeri," ujar Andi dalam keterangan resminya, Jumat (31/7/2020).

Menurut Sekretaris Jenderal Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional (GAPENSI) tersebut, bahwa saat ini yang fatal adalah banyaknya temuan barang impor yang kemudian mengganti label Standar Nasional Indonesia (SNI). Dirinya menilai, hal ini sangat merugikan baik bagi para produsen dan pabrikator dalam negeri, maupun industri baja nasional itu sendiri.

"Dengan sentuhan dua anak bangsa ini, insyaallah industri konstruksi nasional, khususnya Krakatau Steel akan bertumbuh sebagai BUMN yang semakin baik dan terdepan. Dalam hal Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) juga diharapkan kian meningkat pada proyek-proyek di seluruh wilayah Indonesia. Otomatis ini memajukan dan menggairahkan industri serta pelaku dunia usaha," tambahya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Giliran Direksi Bulog Dirombak Erick Thohir, Ini Susunannya"
[Gambas:Video 20detik]