TikTok Punya CEO Baru dari Disney

Aulia Damayanti - detikFinance
Senin, 03 Agu 2020 11:58 WIB
TikTok
Foto: Unsplash/Kon Karampelas
Jakarta -

Sejak Mei lalu petinggi Disney Kevin Mayer telah keluar dari jabatannya di Disney dan beralih menjadi CEO di platform asal China TikTok. Selain itu Mayer juga merangkap sebagai chief operating officer ByteDance.

Sebelumnya, jabatan Mayer di Disney menjadi eksekutif divisi streaming yang mensukseskan layanan TV kabel, dan film Disney ke layanan streaming Disney+. Di bawah jabatan Mayer sejak diluncurkan, Disney+ langsung memperoleh 10 juta pelanggan berbayar dalam waktu 24 jam.

Dikutip dari CNN, Senin (3/8/2020) pengumuman keluarnya Mayer dari Disney dan menerima tawaran dari TikTok setelah Mayer dinyatakan kalah bersaing dengan Bob Chapek untuk memperebutkan kedudukan CEO yang sebelumnya diisi oleh Bob Iger.

Bagi TikTok, Mayer sangat cocok untuk mendapatkan jabatan di TikTok. TikTok menganggap Mayer adalah eksekutif Amerika terkenal yang berasal dari cabang teknologi streaming terkenal milik Disney dan dekat dengan parlemen di AS. Hal itu dianggap akan membantu perusahaan asal China itu untuk memperluas kedudukannya dengan regulator di AS.

Namun, rencana itu terancam gagal setelah Presiden AS Donald Trump secara tegas akan melarang aplikasi TikTok beroperasi di AS. Trump menegaskan larangan TikTok ini akan menggunakan kekuatan ekonomi darurat AS yang akan melayangkan sejumlah hambatan hukum.

Tetapi Trump tidak menjelaskan bagaimana prosedur yang akan berjalan secara spesifik. Selain Mayer, eksekutif Disney+ lain juga ada yang mengangkatkan kakinya meninggalkan perusahaan minggu ini. Agnes Chu, VP konten Disney+, pergi untuk menjadi presiden Condé Nast Entertainment.



Simak Video "Viral Tahanan di Parepare Main TikTok di Sel, Ini Kata Polisi"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)