Pasuruan dan Kota Malang Dapat Bantuan Alkes Penanganan Corona

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Rabu, 05 Agu 2020 10:07 WIB
Kabar baik bagi warga Depok. Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) memberikan layanan swab test PCR virus Corona tanpa biaya alias gratis untuk warga Depok.
Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

PT HM Sampoerna Tbk (HMSP) menyumbangkan alat kesehatan berupa PCR kepada para tenaga medis dan warga di Kabupaten Pasuruan dan Kota Malang, Jawa Timur. Direktur Sampoerna Elvira Lianita berharap bantuan mesin PCR ini dapat mempercepat deteksi virus corona baru dan membantu Pemda dalam melakukan penelusuran (tracing) warga yang diduga terpapar.

"Mesin PCR ini mampu memeriksa 64 spesimen COVID-19 per jam," ujar Elvira dalam keterangan tertulis, Sabtu (8/8/2020).

Elvira menambahkan, komitmen berkelanjutan Sampoerna untuk mendukung Pemkab Pasuruan dan Pemkot Malang dalam mengurangi penyebaran COVID-19 diwujudkan dengan turut mensosialisasikan serta memastikan fasilitas produksi Sampoerna di Sukorejo dan Malang menerapkan kebiasaan baru. Contohnya menjaga jarak (physical distancing), penggunaan masker, hingga mencuci tangan kepada para karyawannya. Tak hanya itu, Sampoerna juga menyediakan hand sanitizer di setiap sudut fasilitas produksi.

Bahkan, fasilitas produksi Sampoerna di Kota Malang diresmikan sebagai salah satu pabrik percontohan dalam program Industri Tangguh Semeru (Sehat, Aman, Tertib, dan Rukun) yang digagas oleh Pemerintah Kota Malang pada Juni lalu.

Wali Kota Malang Sutiadji menyebut, selama ini Pemerintah Kota Malang menghadapi tantangan dalam melakukan proses deteksi COVID-19. Sebelum adanya bantuan mesin PCR, proses deteksi hingga hasil dapat memakan waktu hingga lebih dari dua pekan. Akibatnya, warga yang diduga terpapar COVID-19 harus melakukan isolasi mandiri dalam waktu yang lama sehingga tidak dapat melakukan kegiatan ekonomi.

Selanjutnya
Halaman
1 2