Bantuan UMKM Rp 2,4 Juta Cair 17 Agustus, Bu Sri Mulyani?

Anisa Indraini - detikFinance
Selasa, 11 Agu 2020 11:22 WIB
Menkeu Sri Mulyani dan Menteri BUMN Erick Thohir bicara soal keberadaan Harley Davidson dan Brompton di pesawat Garuda. Menteri BUMN ungkap pemilik Harley itu.
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati/Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Pemerintah akan memberikan bantuan untuk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang belum memiliki akses ke perbankan sebesar Rp 2,4 juta. Bantuan ini akan diberikan kepada 12 juta UMKM.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan program tersebut akan diluncurkan bulan ini. Program ini akan diumumkan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) atau tim Satgas Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

"Kita rencananya yang Rp 2,4 juta ini dengan data yang ada yang sekarang sedang di-clean-kan akan diluncurkan pada bulan Agustus ini. Mungkin sesudah, atau pada saat 17 Agustus nanti oleh bapak presiden atau menterinya yang memang ini programnya sudah diumumkan," kata Sri Mulyani dalam webinar Gotong-royong #JagaUMKMIndonesia, Selasa (11/8/2020).

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini menyebut tantangan dalam meluncurkan program ini adalah masalah data. Untuk itu, saat ini pemerintah sedang membereskan data UMKM yang akan mendapat bantuan agar tepat sasaran.

"Yang paling sulit memang kalau kita melakukan secara masif anggarannya diberikan, maka kemungkinan kan terjadi kalau datanya belum clean ada pihak yang bisa mendapat 1-2 bantuan pemerintah, ada yang belum sama sekali mendapatkan. Ini yang kemudian akan menimbulkan dimensi ketidakadilan yang biasanya menimbulkan reaksi di masyarakat," ucapnya.

Sri Mulyani menyebut pemerintah ingin sangat hati-hati agar tidak salah sasaran. Sebab nantinya pemerintah harus mempertanggungjawabkannya ke Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

"Kalau masyarakat mendengar akan ada dana bantuan pasti merasa 'saya harus dapat' dan pemerintah akan melakukan beberapa cleansing data tersebut seakurat mungkin karena pada akhirnya dana ini akan di audit seperti di BPK," jelasnya.

Total bantuan yang dianggarkan untuk bantuan ini mencapai Rp 28,8 triliun. Selain itu, pemerintah juga akan memberikan pinjaman sebesar Rp 2 juta dengan tenor 12 bulan dan suku bunga pinjaman 0% untuk UMKM.



Simak Video "Tips Bisnis dan Investasi Ala Sri Mulyani"
[Gambas:Video 20detik]
(ara/ara)