Minta Pedagang Ikuti Protokol Kesehatan, Mendag: Selalu Gunakan Masker

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Sabtu, 15 Agu 2020 07:30 WIB
Mendag Agus Suparmanto dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kunjungi pusat perbelanjaan. Kedatangannya untuk tinjau protokol kesehatan di pusat perbelanjaan.
Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Menteri Perdagangan Agus Suparmanto meminta para pedagang di Pasar Atas Baru, Cimahi, untuk terus menerapkan protokol kesehatan. Ia mengingatkan kondisi adaptasi kebiasaan baru tak boleh membuat orang lengah ketika berada di pasar.

"Selalu gunakan masker, jaga jarak aman, dan siapkan hand sanitizer. Hindari menyentuh muka dan hindari bersalaman. Jika tidak enak badan, tetap di rumah atau segera periksakan diri ke rumah sakit," kata Agus dalam keterangannya, Sabtu (15/8/2020).

Menurut Agus, pengelola Pasar Atas Baru telah melaksanakan protokol kesehatan dalam aktivitas sehari-hari di pasar. Ada kewajiban memakai masker di area pasar, keharusan untuk mencuci tangan sebelum masuk pasar, dan mengecek suhu tubuh dengan thermo gun saat masuk pasar. Agus menekankan, masyarakat yang beraktivitas di pasar tidak boleh melupakan faktor terpenting saat ini, yaitu kesehatan.

"Meskipun sudah biasa ke pasar, selalu ingatlan diri sendiri untuk menerapkan protokol kesehatan saat berbelanja. Karena belanja di pasar ini demi keluarga di rumah juga," ujarnya.

Untuk itu, Agus juga menyerahkan bantuan berupa 5.000 masker, alat pelindung diri (APD) kepada 550 pedagang dan kantong belanja untuk pembeli di pasar tersebut. Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Mendag Agus kepada sejumlah pedagang dan pengunjung pasar.

Agus mengatakan, masker dan APD yang dibagikan menjadi pengingat untuk tetap menomorsatukan protokol kesehatan saat berada di pasar. Upaya menjaga kesehatan tidak boleh diabaikan, terutama saat pandemi seperti sekarang. Sementara kantong belanja merupakan salah satu bentuk stimulus Pemerintah dalam menjaga keberlangsungan usaha UMKM, memulihkan ekonomi nasional, mendorong program Bangga Buatan Indonesia, mencegah penyebaran COVID-19, dan mengurangi limbah plastik.

"Saya membagikan masker ini supaya para pedagang dan pengunjung aman saat berbelanja, sehingga bisa berbelanja dengan tenang. Di sini saya lihat langsung semua pedagang, pengelola, dan pengunjung memakai masker. Mudah-mudahan diikuti semua pasar lain," kata Agus.



Simak Video "Presiden Jokowi Luapkan Emosi ke Menterinya, Sandiaga: Motivasi"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)