Tips Anti Boncos Diserbu Promo Diskon di Tengah Pandemi

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Selasa, 18 Agu 2020 08:01 WIB
Pengunjung pusat perbelanjaan Senayan City memadati mal tersebut untuk berburu barang dalam ajang Midnight Sale, Jakarta, Jumat (1/6/2018) malam. Untuk meramaikan puasa di bulan Ramadan 2018 dan jelang Lebaran, sejumlah mal di Jakarta pun menggelar midnight sale. Grandyos Zafna/detikcom

Setiap mal pun menawarkan program diskon yang menggiurkan. Berbagai benda dan barang kebutuhan sehari-hari, kebutuhan liburan, sampai kebutuhan Lebaran tak ketinggalan mendapat sale sampai dengan 70 persen lebih.
Ilustrasi/Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Toko-toko di mal mengadakan banjir diskon dalam gelaran Hari Belanja Diskon Indonesia (HBDI) 2020. Sederet diskon telah disiapkan untuk memperingati hari kemerdekaan.

Dengan adanya diskon, seringkali membuat orang kalap saat belanja. Maka dari itu, bagi yang mau menikmati banjir diskon, putuskan dahulu skala prioritas. Mana barang-barang yang penting untuk dibeli.

Perencana keuangan Andy Nugroho mencontohkan, misalnya mau membeli produk fesyen. Ada baiknya melihat kebutuhannya, misalnya membeli produk fesyen untuk kebutuhan baju kerja, dapat barang diskon akan sangat menguntungkan.

"Jadi harus tahu dulu seberapa urgent yang dibeli. Contohnya fesyen, kebetulan Anda butuh baju kerja ya misalnya, nggak masalah juga belanja mumpung ada diskon," ujar Andy kepada detikcom, Minggu (17/8/2020).

Andy tidak menyarankan asal belanja sesuai keinginan bukan kebutuhan. Pasalnya, kalau sesuai keinginan pasti akan membuat kalap, ujungnya uang habis sia-sia.

"Akan jadi kurang tepat kalau sekedar belanja hanya untuk pengin aja, bukan berdasar kebutuhan. Kalau kalap, bahaya," kata Andy.

Sementara itu, menurut perencana keuangan Aidil Akbar Madjid, sebelum belanja barang-barang diskon, masyarakat harus memastikan dulu kebutuhan pokoknya terpenuhi.

Kalau sudah dipastikan, baru pikirkan kelebihan uang yang bisa dipakai belanja mau dibelikan apa. Sama seperti Andy, Aidil menekankan kebutuhan bukan keinginan.

"Kalau yang pokok bisa dipenuhi, dan ada uang lebih, baru pikirin belanja. Misalnya, beli HP untuk menunjang pekerjaan, misalnya HP-nya rusak silakan ganti, cari diskon," kata Aidil.

"Tapi, kalau hp masih bagus, cuma buat keinginan aja, ya buat apa beli," lanjutnya.

Andy dan Aidil juga memberikan 3 tips apabila ingin belanja ke mal di tengah banjir diskon. Apa saja? Berlanjut ke halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Kenang Yusuf-Randy, Mahasiswa Sultra Kibarkan Bendera Setengah Tiang"
[Gambas:Video 20detik]