Via 2 Stasiun Ini, 7.800 Orang Tinggalkan Jakarta Jelang Long Weekend

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Rabu, 19 Agu 2020 20:40 WIB
Stasiun Gambir ramai oleh pemudik yang hendak pulang ke kampung halaman. Mereka memilih untuk mudik agar dapat merayakan Idul Adha bersama keluarga.
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Libur long weekend di depan mata, tanggal merah berjejer dari tanggal 20 hingga 23 Agustus. Momen long weekend ini acap kali digunakan sebagai waktunya liburan.

Tak terkecuali bagi yang mau ke luar kota. Tak jarang untuk ke luar kota masyarakat naik kereta api, lalu apakah akan ada lonjakan penumpang selama libur long weekend?

Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa sendiri mengatakan secara total, pada data keberangkatan hari ini atau menjelang long weekend sudah ada sekitar 7.800 penumpang yang akan diberangkatkan. Data tersebut diambil dari Stasiun Pasar Senen dan Gambir.

"Jumlah penumpang bertambah hampir mendekati 2 kali lipat jika dibandingkan akhir pekan dua minggu lalu pada Jumat, 7 Agustus 2020 sebesar 4.100 penumpang," ujar Eva dalam keterangannya, Rabu (19/8/2020).

Melonjaknya volume penumpang ini juga didukung dari sisi jumlah kereta api yang ditambah jadwal perjalanannya. Jika pada Jumat 7 Agustus 2020 lalu total kereta yang dioperasikan cuma 14. Mulai hari ini, KAI menambahkannya menjadi 27 perjalanan dari area Daop 1 Jakarta.

Terkait prediksi puncak volume penumpang masa long weekend, berdasarkan data reservasi, volume penumpang tertinggi tercatat pada hari ini dengan jumlah sekitar 7. 800 penumpang.

Namun, Eva mengatakan data tersebut masih dapat berubah mengingat masih mungkin ada tambahan penumpang yang melakukan reservasi ataupun membeli tiket go show 3 jam sebelum keberangkatan.

Bagaimana antisipasi penularan Coronanya?

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Petugas Berlakukan Buka Tutup di Jalur Wisata Lembang"
[Gambas:Video 20detik]