Libur Panjang Banyak Diskon, Mending Traveling atau Belanja?

Trio Hamdani - detikFinance
Kamis, 20 Agu 2020 14:00 WIB
Thinking young woman looking up at many question marks isolated on gray wall background
Foto: iStock
Jakarta -

Saat libur panjang seperti sekarang ini kerap kali dimanfaatkan masyarakat untuk jalan-jalan. Tapi di saat yang bersamaan pusat-pusat perbelanjaan sedang menebar diskon besar-besaran. Hal tersebut mungkin saja membuat kita dilema, mana yang harus dipilih antara traveling dan berburu barang-barang dengan harga miring.

Menurut Perencana Keuangan Finansia Consulting Eko Endarto, mana yang sebaiknya dipilih itu kembali lagi kepada selera masing-masing orang, karena ada yang lebih suka jalan-jalan adapula yang senangnya berbelanja.

"Ada orang puasnya dengan belanja, ada orang puasnya dengan jalan-jalan. Nggak ada pilihan sebenarnya. Kalau saya misalnya, saya lebih suka di rumah ya pasti saya akan senang dengan berbelanja di rumah aja. Istri saya sedangkan jalan-jalan, tiap hari dia senang jalan-jalan walaupun macet seperti apa dia bisa menikmati," kata dia saat dihubungi detikcom, Kamis (20/8/2020).

"Jadi bukan lebih baik yang mana, tapi mana yang memuaskan dirinya. Itu yang penting sebenarnya," sambung Eko.

Namun dia berpendapat bahwa kedua hal tersebut sama-sama bersifat konsumtif sehingga perlu lebih bijak dalam mengeluarkan uang untuk traveling maupun berbelanja.

"Sebenarnya kalau dari sisi perencanaan keuangan sih semuanya karena sama-sama ngabisin duit, semuanya sama-sama konsumtif," tambah dia.



Simak Video "Ada Libur Panjang Akhir Oktober, Jokowi Tak Ingin Kasus Corona Naik!"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/fdl)