Startup dan UMKM Jadi Penyelamat Ekonomi Nasional Saat Pandemi

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Sabtu, 22 Agu 2020 16:32 WIB
Poster
Foto: Edi Wahyono

Anggota Komisi XI DPR RI dari Fraksi Gerindra Kamrussamad menegaskan, selama pandemi ini adanya peningkatan dari e-commerce, selain yang naik dari startup dibidang penjualan tetapi justru ada peningkatan hingga 300% dari startup di bidang kesehatan.

"Kalau yang jatuh tentunya ada travel karena ada peningkatan refund sehingga sangat merugikan," katanya.

Dia menegaskan, pembayaran digital juga semakin meningkat, begitu juga dengan telemedik dan ada juga dengan pegiriman produk e-commerce.

"Ada juga penjualan sayur dan buah juga ada peningkatan, sehingga ini menjadi oportunitiy untuk dikembangkan," tukasnya.

Selain itu, ada sebuah startup pembuat kacamata augmented reality (AR) asal China mencatatkan pertumbuhan yang signifikan selama pandemi COVID-19, karena produk buatannya diminati oleh banyak pihak.

Rokid mengembangkan kacamata AR untuk mendeteksi gejala COVID-19 pada akhir 2019 lalu, sebelum virus tersebut menyebar luas. Kacamata bernama T1 tersebut bisa mengukur temperatur orang di sekitar penggunanya dan menampilkan hasil pengukurannya pada layar kacamatanya.

Namun, yang paling penting adalah, Unair sudah memiliki obat untuk COVID-19 maka untuk apa Indonesia impor dari luar. Sehingga cost yang akan dikeluarkan juga akan lebih mahal.

"Harusnya kita kembangkan apa yang kita punya, jangan ambil dari luar," imbuh dia.

Dia menegaskan, dari data yang didapatnya UNAIR telah melakukan berbagai penelitian terkait dengan pandemi COVID-19 sebagai langkah awal.

Selain itu, UNAIR mengambil peran penting dalam penanganan pandemi lewat Rumah Sakit Universitas Airlangga (RSUA) sebagai unit pelayanan rujukan pasien terkonfirmasi COVID-19, serta Rumah Sakit Penyakit Tropik Infeksi (Tropical Disease Research Center) sebagai pusat penelitian berbagai penyakit. Hal ini tentunya bisa menjadi suatu hal yang mengubah perekonomian Indonesia.

Halaman


Simak Video "Dalton Tanonaka Ditangkap, Sandiaga: Saya Prihatin"
[Gambas:Video 20detik]

(kil/dna)