Penerbangan China Diprediksi Normal Awal September

Aulia Damayanti - detikFinance
Jumat, 28 Agu 2020 10:50 WIB
Pandemi COVID-19 berdampak dahsyat terhadap industri penerbangan. Wabah itu berdampak ke bisnis maskapai penerbangan di seluruh dunia yang terkapar dan kalut.
Foto: Getty Images
Jakarta -

Penerbangan di China diprediksi akan pulih sepenuhnya pada awal September mendatang. Prediksi itu berdasarkan data dari perusahaan perjalanan global dan sejumlah faktor pendukung lainnya.

Salah satunya data dari perusahaan analisis pemesanan penerbangan ForwardKeys. Data perjalanan domestik di bandara China mencapai 86% dibandingkan pada 2019. Berdasarkan data itu, prediksi pulihnya industri penerbangan menjadi harapan bagi China.

Ketika kasus Corona berkurang di China, penerbangan domestik diaktifkan kembali. Pemesanan perjalanan sekarang kembali 98% dan sebagian besar pesanan ada di bulan Agustus.

Sebelumnya industri penerbangan di China telah terhenti sejak Februari lalu akibat pandemi virus Corona. Pada pertengahan Februari, sebagian besar penerbangan di China dibatalkan untuk mengendalikan penyebaran virus Corona.

"Ini momen yang sangat penting karena untuk pertama kalinya, sejak adanya pandemi COVID-19, segmen utama pasar penerbangan di dunia telah kembali ke level sebelum pandemi," kata Olivier Ponti dari ForwardKeys, dikutip dari BBC, Jumat (28/8/2020).

Maskapai penerbangan China kini banyak meluncurkan diskon untuk menarik penumpang, beberapa promosi ditargetkan untuk mahasiswa.

Pemulihan perjalanan udara domestik di China merupakan salah satu perkembangan positif dalam prospek industri penerbangan. Tetapi penerbangan internasional diperkirakan tidak akan pulih sepenuhnya selama beberapa tahun ke depan.

Asosiasi Transportasi Udara Internasional atau International Air Transport Association (IATA), sebuah grup industri global, telah memperingatkan jumlah penumpang global tidak akan kembali ke level sebelum pandemi hingga 2024. Kemungkinan perjalanan lokal bisa lebih cepat pulih dibandingkan perjalanan internasional.

(fdl/fdl)