Ini Pertimbangan Pemerintah soal Usulan Anies Sepeda Masuk Tol

Soraya Novika - detikFinance
Senin, 31 Agu 2020 16:53 WIB
Polemik ruas Jalan Tol Lingkar Dalam Kota sebagai lintasan sepeda terus bergulir. Bahkan, para pehobi road bike menolak wacana tersebut.
Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Usulan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan soal pemanfaatan Jalan Tol Lingkar Dalam Jakarta sebagai lintasan sepeda untuk road bike kini tengah dikaji oleh pemerintah pusat. Dalam hal ini meliputi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR bersama Bina Marga.

Adapun yang dikaji oleh kedua belah pihak adalah terkait manajemen keselamatan hingga pengaturan lalu lintas tol ke depannya seperti apa.

"Masih dibahas dengan pemda (pemerintah daerah) masalah manajemen keselamatan dan juga manajemen traffic," ungkap Direktur Jenderal Bina Marga Hedy Rahadian kepada detikcom, Senin (31/8/2020).

Hasil evaluasi usulan Anies tersebut ditarget rampung akhir pekan ini.

"Akhir minggu ini," sambung Hedy.

Beberapa waktu lalu, beredar surat permohonan yang dikeluarkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kepada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di media sosial. Isinya adalah permohonan agar Jalan Tol Lingkar Dalam Jakarta sisi Barat ruas Cawang-Tanjung Priok diizinkan menjadi lintasan sepeda untuk road bike setiap Minggu pagi pukul 06.00-09.00 WIB.

Usulan itu dikirim sebagai respons atas peningkatan jumlah pengendara sepeda di DKI Jakarta selama masa pandemi COVID-19 ini.



Simak Video "1 Orang Terluka di Kecelakaan Beruntun Tol Layang MBZ Km 23"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)