Momen WFH, Alat-alat Dapur Paling Laris di Toko Online

Soraya Novika - detikFinance
Selasa, 01 Sep 2020 18:35 WIB
Belanja online
Ilustrasi/Foto: shutterstock
Jakarta -

CEO J&T Express Indonesia Robin Lo mengungkapkan selama masa kerja dari rumah (work from home/WFH) terjadi perubahan dari sisi jenis barang yang dikirim oleh para pelaku logistik.

Biasanya, rata-rata jenis barang yang paling banyak dikirim adalah barang-barang ringan seperti fashion dan kosmetik. Namun, selama WFH berubah jadi jenis barang berat seperti alat-alat perlengkapan dapur dan lain sebagainya.

"Kita bisa melihat sebelumnya, masyarakat Indonesia itu banyak belanja barang-barang yang jauh lebih ringan di e-commerce platform, kalau lebih ringan itu kalau kita flashback itu kebanyakan yang customer itu belanja seperti fashion, cosmetic tapi ketika masa pandemi ini kita bisa melihat bahwa kebiasaan itu berubah. Mereka itu belanja sesuatu yang lebih berat, seperti makanan atau minuman, atau bahkan alat-alat kebutuhan dapur, karena orang jarang keluar," ungkap Robin dalam acara Media Gathering Shopee 9.9 Super Shopping Day: Peran E-Commerce Jaga Roda Ekonomi di Tengah Pandemi, Selasa (1/9/2020).

Tak hanya itu, J&T Express juga merasakan peningkatan permintaan pengiriman hingga 40% dibanding sebelum adanya pandemi COVID-19.

"Kalau kita bandingkan dengan tahun lalu, di waktu yang sama kita melihat bahwa kita mengalami peningkatan kurang lebih 40%," tambahnya.

Penyebabnya tentu dari perubahan kebiasaan belanja masyarakat saat ini dari offline ke online karena terbatasnya aktivitas di luar rumah.

"Kalau ini saya lihat karena pertama adalah kebiasaan masyarakat yang mulai berubah di mana yang sebelumnya masyarakat itu banyak belanja offline, sekarang itu perlahan-lahan mulai beralih ke online," terangnya.

Lalu, belakangan masyarakat juga dimanjakan oleh berbagai macam promo dan gratis ongkir dari para pelaku usaha dan e-commerce.

"Kita lihat bahwa terutama dalam masa pandemi COVID-19 ini sebenarnya kayak partner e-commerce seperti Shopee itu juga banyak melakukan gebrakan-gebrakan dan promosi-promosi sehingga masyarakat itu lebih mudah lagi belanja dari platform e-commerce," tambahnya.



Simak Video "Tips Google Supaya Kerja dari Rumah Selama Pandemi Bisa Efektif!"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)