Yang Lain Tutup Dihantam Corona, Lego Malah Buka 120 Toko Baru

Danang Sugianto - detikFinance
Kamis, 03 Sep 2020 09:54 WIB
lego house
Foto: (LEGO)
Jakarta -

Pandemi virus Corona telah menumbangkan banyak toko di dunia, tapi tidak dengan Lego. Perusahaan mainan asal Denmark itu justru akan menambahkan lagi pembukaan toko sebanyak 120 toko baru tahun ini.

Lego justru melihat masa depan yang cerah, meskipun ada pembatasan sosial yang dilakukan banyak negara untuk mencegah penyebaran virus Corona.

"Ketika toko kami dibuka kembali setelah penguncian, ada antrian. Kami memberi orang pengalaman merek di toko kami yang tidak dapat kami lakukan di luar," kata Bos Lego, Niels Christiansen dilansir dari BBC, Kamis (3/9/2020).

Rencana pembukaan 120 toko baru itu diumumkan setelah laporan keuangan perusahaan keluar. Pendapatan Lego mencapai 15,7 miliar krona Denmark (mata uang Denmark). Angka itu naik 7%, sementara laba operasi tumbuh 11%.

Perusahaan saat ini memiliki 612 toko di seluruh dunia, 14 ada di Inggris. Dari toko baru yang dibuka, 46 telah diluncurkan pada paruh pertama tahun ini. Secara keseluruhan, 80 toko baru di antaranya akan berbasis di China.

Perubahan besar yang dicatat perusahaan lebih banyak disebabkan lantaran semakin banyaknya orang dewasa yang ikut mengoleksi Lego. Ternyata pandemi memberikan orang banyak waktu untuk bermain Lego.

"Kami memiliki lebih dari satu juta penggemar dewasa yang mendaftar ke situs kami," kata Christianen.

"Kami melihat perkembangan yang sangat positif selama lockdown virus Corona ketika keluarga mulai bermain dan membangun perangkat Lego bersama," tambahnya.

Penjualan set Lego besar yang lebih rumit tumbuh dua setengah kali lipat pada paruh pertama tahun ini. Set Lego ukuran besar itu memang cocok bagi satu keluarga untuk menghabiskan waktu selama lockdown.

"Kami telah melihat momentum terus berlanjut hingga paruh kedua tahun ini bahkan setelah orang-orang mulai kembali bekerja dan ke sekolah. Jadi hasilnya bukan hanya cerminan dari dua bulan ketika semua orang sedang duduk di rumah," kata Christianen.

Di samping pembukaan tokonya, perusahaan tersebut mengatakan e-commerce tetap penting untuk bisnis, dengan kunjungan ke situs webnya berlipat ganda menjadi 100 juta pada paruh pertama tahun 2020.

Set Lego bertema juga terus populer seperti Star Wars, Disney Princess, dan Harry Potter.



Simak Video "Tari Lego-lego Suku Abui, Alor"
[Gambas:Video 20detik]
(das/zlf)