Genjot Belanja Daerah, Tito: Sudah September, Jangan Tak Terserap

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Jumat, 04 Sep 2020 22:10 WIB
Mendagri Tito Karnavian
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian/Foto: Puspen Kemendagri
Jakarta -

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengatakan terus mendorong belanja daerah. Realisasinya pun sudah naik meski masih di bawah 50%.

Dia mengatakan sudah berkoordinasi dengan para kepala daerah dua minggu sekali dalam rangka evaluasi penyerapan anggaran. Tito menjelaskan di tingkat provinsi penyerapan anggaran sudah naik menjadi 44%.

Sementara di tingkat Kabupaten/Kota realisasi terkini sudah naik menjadi 42%.

"Masalah anggaran dalam mendukung pemulihan ekonomi nasional, realisasi anggaran provinsi per dua minggu kita terus evaluasi tiap Kamis. Tingkat provinsi sudah naik jadi 44% dari sebelumnya hanya 37%," jelas Tito dalam konferensi pers bersama Kemenko Perekonomian, yang disiarkan via YouTube, Jumat (4/9/2020).

"Kemudian tingkat kabupaten kota dari 37% naik 42%," lanjutnya.

Dia mengatakan pihaknya akan berupaya terus mempercepat realisasi belanja daerah, terlebih lagi tahun 2020 tersisa 4 bulan lagi. Dia mengatakan kalau sampai anggaran tidak terserap peredaran uang di masyarakat bisa berkurang.

"Kita dorong agar realisasi belanja daerah betul-betul dilakukan karena sudah September jangan sampai tidak terserap, karena otomatis peredaran uang di masyarakat bisa berkurang," jelas Tito.

Tito juga mengatakan, di saat kondisi krisis seperti ini, belanja pemerintah memiliki peran vital dalam mendorong perekonomian.

"Dalam kondisi saat ini belanja pemerintah ini paling utama untuk dorong ekonomi baik dari pusat maupun daerah," ujar Tito.



Simak Video "Ada Libur Panjang Maulid Nabi, Tito: Kegiatan Tradisi Baiknya Tak Digelar"
[Gambas:Video 20detik]
(hns/hns)