Sandiaga Percaya UMKM yang Bakal Selamatkan Ekonomi RI

Danang Sugianto - detikFinance
Selasa, 08 Sep 2020 17:56 WIB
Sandiaga Uno
Foto: Ashri Fathan/detikcom
Jakarta -

Pengusaha Nasional Sandiaga Salahudin Uno menilai pelaku usaha kecil, mikro dan menengah (UMKM) masih memiliki peran untuk membangkitkan kembali ekonomi lokal. Bahkan dia masih percaya UMKM bisa menjadi mesin pendorong dari keterpurukan ekonomi Indonesia.

Oleh karena itu, dia mengajak para pelaku UMKM untuk tidak menyerah dengan kondisi saat ini. Nasib ekonomi RI yang sudah terjangkiti wabah COVID-19 berada di tangan para pelaku UMKM.

"Yuk saatnya kita bangkitkan lagi usaha-usaha masyarakat, ciptakan kembali peluang usaha dan lapangan kerja saat beban biaya hidup yang meningkat di masa pandemi Covid-19 ini," kata Sandiaga Uno dalam keterangan tertulis, Selasa (8/9/2020).

Sandi menerangkan, saat ini 99% ekonomi digerakkan UMKM, lalu 97,3% lapangan kerja diserap UMKM dan 60% PDB disumbang UMKM.

Menurut Sandi, peran kaum wirausaha sebagai agen perubahan dan kebangkitan ekonomi harus dibangkitkan. Mereka juga bisa memberikan edukasi kepada masyarakat akan bahaya COVID-19. Tak hanya itu kehadiran para usahawan membawa aura positif saat pandemi ini yang akan membawa perubahan yang baru.

"Peran mereka adalah sebagai agen perubahan, bukan hanya untuk ekonomi Indonesia, tetapi juga perannya untuk memberikan edukasi kepada masyarakat, jangan meremehkan Covid-19. Jadi mereka sebagai agen perubahan yang membawa sebuah hal yang baru," tegasnya.

Menurut Sandi mengembalikan kondisi ekonomi Indonesia bukan hanya tugas pemerintah saja, tapi juga seluruh lapisan pelaku ekonomi termasuk kaum milenial yang bergerak dalam bidang itu. "Kalau kita bersama atasi, maka ekonomi kita akan kembali terlahir yang baru, mungkin tidak akan mengkonsumsi seperti dulu lagi, berubah menjadi lebih baik lagi lepas dari pandemi COVID-19 tegasnya.

Namun tentu saat ini banyak pelaku UMKM yang tengah menghadapi beban yang sangat berat. Oleh karena itu dia berharap agar pemerintah bisa lebih memberikan dukungan kepada pelaku UMKM.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Dalton Tanonaka Ditangkap, Sandiaga: Saya Prihatin"
[Gambas:Video 20detik]