Perusahaan Orang Terkaya India Disuntik Modal Rp 15 T oleh Investor AS

Herdi Alif Alhikam - detikFinance
Rabu, 09 Sep 2020 15:06 WIB
Mukesh Ambani, India
Foto: Reuters
Jakarta -

Miliarder asal India, Mukesh Ambani mengatakan perusahaan investasi asal Amerika Serikat (AS) Silver Lake akan menginvestasikan £ 7.500 crore (75 miliar Rupee India) atau sekitar Rp 15 triliun (dalam kurs Rp 201) pada anak usahanya Reliance Retail Ventures.

Melansir NDTV.com, Rabu (9/9/2020), investasi itu akan dikonversikan menjadi kepemilikan 1,75% saham di Reliance Retail Ventures.

Sebelumnya, perusahaan asal AS itu sudah pernah menyuntik dana investasi sebesar US$ 1,35 miliar pada Reliance Industries Group. Tepatnya pada anak usaha Jio Platforms yang bergerak pada industri telekomunikasi.

"Saya senang dapat memperluas hubungan kami dengan Silver Lake untuk upaya transformasi kami dalam membangun kemitraan inklusif dengan jutaan pedagang kecil sambil memberikan nilai kepada konsumen India di seluruh negeri di sektor ritel India," kata Mukesh Ambani.

Saham Reliance Industries pun menguat 1,52% tak lama setelah pengumuman investasi Silver Lake. Reliance Industries telah menarik serangkaian investasi tahun ini, yang telah membantu grup tersebut menjadi perusahaan bebas utang bersih jauh sebelum targetnya pada Maret 2021.

Reliance Industries juga baru saja membeli bisnis ritel, grosir, logistik, dan pergudangan, Future Group bulan lalu.

Kemudian di bulan Mei, Reliance Industries juga baru saja meluncurkan JioMart. Perusahaan yang memberikan layanan grosir online, dengan tujuan untuk menyaingi unit lokal Amazon dan Flipkart milik Walmart.



Simak Video "Deretan Orang Terkaya Dunia yang Merugi Rp 642 T Dalam Sepekan"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)