Erick Thohir: Saya Yakin Keputusan Pak Jokowi Tak Lockdown Sudah Tepat

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Jumat, 11 Sep 2020 11:25 WIB
Erick Thohir mendatangi KPK.
Foto: Nur Indah/detikcom
Jakarta -

Lockdown menjadi wacana yang hangat dibahas saat awal pandemi COVID-19. Namun, kebijakan itu tidak diambil oleh pemerintah Indonesia.

"Mengenai argumentasi awal ketika banyak pihak bicara lockdown yang memang benar-benar dimatikan sebuah kota atau sebuah provinsi atau metode lainnya yang ada di beberapa negara lain seperti Jepang atau negara Nordik di Eropa ini juga menjadi bagian dinamika tarik ulur," kata Menteri BUMN Erick Thohir dalam acara Dies Natalis 63 Tahun Universitas Padjajaran, Jumat (11/9/2020).

Erick bilang, keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah tepat. Hasilnya pun terlihat saat ini di mana ekonomi Indonesia lebih baik daripada negar-negara G20. Bahkan, kata dia, ekonomi Indonesia masih lebih baik dibanding negara-negara Asia Tenggara.

"Tapi saya yakini keputusan Bapak Jokowi, bapak presiden kita sejak awal sudah tepat. Saya melihat secara persepsi awal, sebagai pribadi terdahulu kalau kita lihat sekarang hasilnya bisa terlihat dibandingkan negara-negara G20 perlambatan ekonomi yang ada di Indonesia jauh lebih baik daripada India, Prancis, Amerika dan lain-lain," terangnya.

"Termasuk di Asia Tenggara, negara-negara tetangga kita sangat mengalami krisis yang lebih dalam," ujarnya.

Maka itu, dia berharap ekonomi Indonesia tumbuh 0% atau paling tidak tumbuh positif.

"Kita berharap di kuartal III dan IV atau sampai di akhir tahun ini paling tidak kita bisa 0 plus sedikit, kalau minus pun jangan banyak-banyak," ujar Erick.

(acd/fdl)