Erick Thohir Puji Keputusan Jokowi Tak Lockdown

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Sabtu, 12 Sep 2020 09:30 WIB
Ketua TKN Jokowi-Maruf Amin Erick Thohir.
Foto: Biro Pers Setpres
Jakarta -

Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan, keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk tidak melakukan lockdown dinilai tepat. Erick mengungkapkan, keputusan untuk tidak lockdown membuat ekonomi Indonesia tak separah negara lain.

Erick mulanya mengungkapkan, lockdown merupakan wacana yang hangat dibahas saat pandemi.

"Mengenai argumentasi awal ketika banyak pihak bicara lockdown yang memang benar-benar dimatikan sebuah kota atau sebuah provinsi atau metode lainnya yang ada di beberapa negara lain seperti Jepang atau negara Nordik di Eropa ini juga menjadi bagian dinamika tarik ulur," kata Menteri BUMN Erick Thohir dalam acara Dies Natalis 63 Tahun Universitas Padjadjaran, Jumat (11/9/2020).

"Tapi saya yakini keputusan Bapak Jokowi, bapak presiden kita sejak awal sudah tepat. Saya melihat secara persepsi awal, sebagai pribadi terdahulu kalau kita lihat sekarang hasilnya bisa terlihat dibandingkan negara-negara G20 perlambatan ekonomi yang ada di Indonesia jauh lebih baik daripada India, Prancis, Amerika dan lain-lain," terangnya.

Erick juga menambahkan, negara-negara tetangga juga ekonominya terpuruk lebih dalam.

"Termasuk di Asia Tenggara, negara-negara tetangga kita sangat mengalami krisis yang lebih dalam," ujarnya.

Maka itu, dia berharap ekonomi Indonesia tumbuh 0% atau paling tidak tumbuh positif hingga akhir tahun.

"Kita berharap di kuartal III dan IV atau sampai di akhir tahun ini paling tidak kita bisa 0 plus sedikit, kalau minus pun jangan banyak-banyak," ujar Erick.

Selanjutnya
Halaman
1 2