Ini Dia Perusahaan Paling Cuan di Wall Street, Usianya 105 Tahun

Aulia Damayanti - detikFinance
Rabu, 16 Sep 2020 10:30 WIB
Bursa Saham Wall Street
Ilustrasi/Foto: Dok. Reuters
Jakarta -

Produsen alat pemanas, pendingin, pembersih ruangan Carrier Global menduduki saham teratas di indeks saham S&P 500. Perusahaan yang berusia 105 tahun ini berhasil melampaui saham raksasa teknologi Apple, Amazon, dan Nvidia.

Dikutip dari CNN, Rabu (16/9/2020) menurut Refinitiv, saham Carrier naik 143% tahun ini. Mengalahkan kenaikan saham Nvidia dengan kenaikan 119%.

Sebelumnya saham Carrier sempat anjlok setelah memisahkan diri dari produsen mesin pesawat dan pendingin ruangan United Technologies. Kini Carrier telah menjadi perusahaan independen.

Kenaikan saham yang dialami Carrier disebabkan kebutuhan konsumennya di masa pandemi COVID-19. Sejumlah orang AS yang kini bekerja dari rumah dominan meningkatkan sistem pendingin, pemanas, dan pembersih ruangan mereka. Mal, kantor, dan sekolah juga melakukan hal yang sama.

CEO Carrier David Gitlin mengatakan bisnisnya kini meraup keuntungan akibat pandemi. Dia mengungkap COVID-19 kini mendorong orang untuk memerhatikan kebersihan, keamanan, dan kenyamanan ruangan.

Saham Carrier mulai diperdagangkan saat saham AS di titik terendah saat ekonomi AS terpuruk akibat pandemi COVID-19. Saham lain yang ikut naik di S&P 500 meski di tengah pandemi yakni Nvidia yang melonjak 164% sejak Maret lalu.

Pendiri Carrier, Willis Carrier melaporkan bahwa pesanan di perusahaannya naik 100% pada Juni hingga Juli lalu. Kenaikan itu menjadi bulan terbaik dalam sejarah perusahaan.

"Orang-orang menghabiskan lebih banyak waktu di rumah. Mereka memprioritaskan pengeluaran untuk rumah mereka," kata Gitlin.

Baru-baru ini Carrier merilis produk bar yaitu pembersih udara portabel, yang disebut OptiClean. Pembersih ini digunakan untuk membersihkan udara yang terkontaminasi dan mencegahnya menyebar ke bagian lain dari sebuah bangunan. Teknologi semacam itu bisa jadi sangat berharga bagi sekolah jika kegiatan sekolah kembali normal di tengah pandemi.

Ribuan unit OptiClean telah terjual. Perusahaan mengatakan sekolah di Riverside, California memesan 1.500 unit.

Sebagai produsen pendingin ruangan, Carrier disebut-sebut akan menjadi salah satu perusahaan yang terlibat dalam penyedia pendingin untuk vaksin COVID-19. Tidak hanya sebagai penyedia pendingin, tetapi juga membuat alat sistem pemantau untuk mengangkut obat-obatan COVID-19 di dalam transportasi.

CEO Carrier Gitlin mengatakan, perusahannya kini telah bekerjasama dengan perusahaan pembuat vaksin COVID-19. Dia mengungkap sejauh ini Carrier telah beradaptasi dengan baik setelah memilih menjadi perusahaan independen.

"Sekarang, 100% karyawan Carrier fokus membangun perusahaan. Kami menjadi lebih gesit. Dan kami dapat melihat tren secara real-time," ungkap Gitlin.



Simak Video "Wall Street Ikut 'Terinfeksi' Virus Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)