Menhub Buka-bukaan soal Influencer, Singgung Atta & Deddy

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 17 Sep 2020 23:20 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi
Menhub Budi Karya/Foto: Rakean R Natawigena / 20detik
Jakarta -

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi membuka rahasianya dalam rangka mempromosikan keamanan penerbangan di tengah pandemi COVID-19. Dia membeberkan pernah berbincang santai dengan dua YouTuber beken dalam rangka promosi tersebut.

Kedua YouTuber adalah Atta Halilintar dan Deddy Corbuzier. Menurut Budi, penjelasannya kepada YouTuber, dinilai sangat efektif untuk tersebar dan diterima masyarakat luas.

Salah satu materi yang dibicarakan adalah sistem high efficiency Particular Air alias HEPA dalam pesawat udara. Sistem itu dinilai mampu mencegah penyebaran virus Corona di pesawat.

"Ini judulnya juga unik, intip jurus jitu bandara atasi penyebaran COVID-19. Kita memang harus campaign untuk itu. Saya melakukan itu tidak lazim. Saya buka rahasia saja ya, saya sudah menghubungi 2 YouTuber. Pertama kali saya ajak Atta Halilintar, kemarin saya diskusi dengan Deddy Corbuzier," ungkap Budi Karya dalam sebuah webinar bersama INACA dan stakeholder perhubungan udara, Kamis malam (17/9/2020).

"Saya jelaskan tentang HEPA ke dua orang ini, dan itu insyaallah bisa memberikan suatu cara lain," ujarnya.

Menurut Budi hasil berbincang santai dengan kedua YouTuber itu lumayan mengacu pada statistik viewers video YouTube.

"Saya santai santai, nggak ngomong formal dengan kedua YouTuber itu, dan saya pikir lumayan itu ada lebih dari 270 ribu yang hit, yang Deddy Corbuzier tadi baru 2-3 jam, udah 60 ribu," kata Budi Karya.

Menurutnya, memang saat ini melakukan endorse ke influencer terhadap sesuatu memang sangat wajar dilakukan. Dalam hal ini, melakukan endorse soal perjalanan aman dan nyaman dengan moda transportasi udara.

"Jangan kita ngomong sendiri. Ngomong sendiri di lingkungan sendiri siapa yang dengar. Jadi kita butuh yang namanya endorse tentang apa yang sudah dilakukan di Bandara itu ketat banget. Bagaimana announce secara cerdas, masuk kepada kantong-kantong endorse, kantong-kantong tertentu yang tidak bisa dengan cara lama lagi," kata Budi Karya.

Menurutnya, setiap pemangku kepentingan pada moda transportasi udara harus menyiapkan dana-dana untuk menyewa influencer dalam rangka melakukan endorsement pada setiap program yang dibuat.

"Sekarang ini bagaimana announce secara cerdas, masuk kepada kantong-kantong endorse, kantong-kantong tertentu, tidak bisa dengan cara lama lagi," kata Budi Karya.



Simak Video "Menhub Imbau Warga Tak Serentak Mudik Pada 27-28 Oktober"
[Gambas:Video 20detik]
(hns/hns)