Resesi Makin Dekat, Mau Cobain Bisnis Tanpa Modal?

Soraya Novika - detikFinance
Rabu, 23 Sep 2020 15:52 WIB
Infografis Cari Uang dari Internet
Ilustrasi/Foto: (detikcom)
Jakarta -

Pakar Marketing Hermawan Kartajaya menilai jenis usaha atau bisnis apapun sebenarnya bisa tumbuh di tengah masa pandemi seperti ini demikian pula saat resesi nanti. Buat yang belum punya modal, bisa mencoba jadi distributor. Tinggal mencari produk yang ingin dijual, mencari target dan memasarkannya.

"Apapun sebetulnya (bisa) kalau distributor itu leader sebetulnya, kalau entrepreneur punya usaha, terus ada yang mau jual produknya itu jadi distributor namanya," kata Hermawan kepada detikcom, Rabu (23/9/2020).

Akan tetapi, yang perlu dicatat, untuk menjadi distributor harus punya jiwa kreatifitas yang tinggi dan mampu berinovasi saat memasarkan produk ke calon pembeli.

"Tapi dia dalam mencari pembeli harus kreatif juga dan inovasi. Artinya dia harus bisa menjelaskan solusinya untuk customer itu apa," imbuhnya.

Untuk menjadi sukses sebagai seorang distributor, setiap individu harus memegang prinsip utama dalam berbisnis yang Hermawan singkat dengan sebutan CIEL. CIEL adalah singkatan dari creativity, innovation, entrepreneurship, dan leadership.

Jadi setiap pebisnis apapun jenis usahanya harus punya keempat sifat tersebut. Kreativitas harus ada untuk mendukung produktivitas. Karena tanpa kreativitas, usaha hanya rutinitas dan sulit adaptif alias yang dilakukan itu-itu saja.

Kemudian harus ada inovasi untuk mendukung kreativitas. Setiap usaha harus dibangun dari pertanyaan, seberapa baik inovasi untuk menjadi solusi masyarakat.

Lalu, harus punya jiwa entrepreneurship dan leadership yang tinggi, yang mana seseorang itu bisa memanfaatkan kesempatan dari perubahan yang terjadi di masyarakat.

"Harus CIEL, harus kreatif tapi juga inovatif. Umpamanya ada 10 ide, harus dicek yang mana yang merupakan solusi untuk customer, kemudian bisa menguntungkan untuk perusahaan atau diri sendiri, dan solusinya lebih bagus dari kompetitor," paparnya.



Simak Video "Kadin Proyeksikan Ada Tambahan 5 Juta Pengangguran di RI"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)