Waspada Tawaran Pelunasan Utang Pakai Dana Gaib, Begini Modusnya

Tim detikcom - detikFinance
Rabu, 23 Sep 2020 17:35 WIB
Pinjam Online
Foto: Pinjam Online (Tim Infografis: Andhika Akbarayansyah)
Jakarta -

Penipuan berkedok pelunasan utang masih marak ada di sekitar masyarakat. Salah satunya adalah modus menawarkan dana gaib untuk pelunasan.

Ketua Satgas Waspada Investasi, Tongam L Tobing mengungkapkan modus yang digunakan oleh penipu ini adalah mengelabui orang-orang yang ingin cepat kaya.

"Mereka memanfaatkan orang orang yang mau cepat kaya tanpa usaha keras," kata Tongam saat dihubungi detikcom, Rabu (23/9/2020).

Dia mengungkapkan penipuan ini masih tetap marak. Menurut dia para penipu seperti menebar jala dengan prinsip untung-untungan. "Kalau ada yang masuk maka mereka beruntung, tapi kalau kosong mereka menebar jala lagi," ujarnya.

Tongam menyebut pihaknya selalu menyampaikan edukasi kepada masyarakat agar waspada dan tidak ikut kegiatan usaha yang menawarkan keuntungan besar dalam waktu cepat. Hal ini sangat merugikan.

Penipuan ini meminta biaya ritual untuk proses penarikan uang dari alam gaib tersebut. Mahar yang dipatok mulai dari Rp 100 juta hingga Rp 7,2 juta.

Dari penelusuran detikcom, banyak blog yang menampilkan penawaran-penawaran pelunasan utang dengan uang gaib. Mereka mengklaim jika ini adalah jasa yang terpercaya dan profesional.

Selain itu, dalam blog juga disebutkan jika pesugihan uang gaib dan dana gaib ini bukan tipu-tipu belaka dan bergaransi. Uang akan kembali 100% jika tidak berhasil.

Blog ini juga memuat kesaksian orang yang diklaim telah menggunakan jasa pesugihan. Namun setelah diamati, foto dan kata-kata yang digunakan sama satu dengan lainnya. Di beberapa blog ada foto orang yang sama digunakan namun hanya diganti nama dan testimoninya.

(kil/fdl)