Saat Jack Ma Bikin 'Mesin Pembayaran' Bernilai Rp 2.987 Triliun

Vadhia Lidyana - detikFinance
Minggu, 27 Sep 2020 10:30 WIB
Jack Ma
Foto: istimewa
Jakarta -

Ant Group, induk dari e-wallet Alipay yang didirikan Jack Ma akan segera melantai di bursa Hong Kong dan Shanghai. Perusahaan Afiliasi Alibaba Group ini mengejar nilai penawaran yang terbesar di dunia yakni US$ 35 miliar atau sekitar Rp 522 triliun (kurs Rp 14.938).

Dengan penawaran terbesar dalam sejarah perusahaan pembayaran di dunia itu, maka nilai Ant Group bakal tembus US$ 200 miliar atau sekitar Rp 2.987 triliun.

Dilansir CNN, Minggu (27/9/2020), Ant Group merupakan perusahaan teknologi raksasa, dan platform pembayaran online terbesar di China. Aplikasi ini telah melayani berbagai layanan keuangan di China, mulai dari akun investasi, produk tabungan mikro, asuransi, skor kredit, dan sebagainya.

Perjalanan Ant Group berawal ketika Jack Ma tengah mencari jalan agar warga China bisa berbelanja di Alibaba dengan metode pembayaran yang mudah. Kala itu, di tahun 2004 sangat sedikit warga China baik pembeli, maupun penjual di Alibaba yang memiliki kartu debit atau kredit.

Jack Ma akhirnya menugaskan tim keuangan Alibaba untuk membuat Alipay yang berperan sebagai pihak ketiga terpercaya. Sehingga, ketika pembeli di Alibaba hendak membayar, uangnya akan disimpan dulu oleh Alipay dalam akun eskro, dan akan ditransfer ke penjual setelah pembeli mengkonfirmasi barangnya sudah diterima.

Upaya itu pun menuai kesuksesan yang sangat besar. Saat ini, Alipay memiliki 711 juta pengguna aktif bulanan, dan menangani pembayaran 118 triliun yuan (US$ 17,2 triliun atau sekitar Rp 256.937 triliun). Aplikasi Alipay menguasai 55% pasar pembayaran seluler China. Sementara, saingannya yakni WeChat Pay dan QQ milik Tencent (TCEHY) menguasai 40% pasar.

Aplikasi ini juga menghubungkan jutaan orang ke banyak bank. Pengguna Alipay dapat mencari dan memilih produk asuransi, membayar tagihan, mendapatkan pinjaman, membayar staf, dan berinvestasi di pasar uang.

Pada tahun 2011, Jack Ma memisahkan Alipay dari Alibaba dan mendirikan entitas terpisah. Lalu, Alipay bergabung ke Ant Group pada tahun 2014. Namun, Jack Ma tetap mempertahankan seluruh kendalinya di Ant Group.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Pembelaan Jack Ma soal Bill Gates yang Diserang Konspirasi Corona"
[Gambas:Video 20detik]