Tak Cuma Janda Bolong, Tanaman Pink Princess Juga Diburu Warga +62

Vadhia Lidyana - detikFinance
Minggu, 27 Sep 2020 17:45 WIB
Philodendrum Pink Princess
Foto: Philodendrum Pink Princess (Emmanuelle via Pinterest)
Jakarta -

Salah satu tanaman hias yang paling diburu saat pandemi virus Corona (COVID-19) ialah philodendrum jenis monstera variegata atau janda bolong variegata. Tanaman itu pun akhirnya di jual dengan harga puluhan juta rupiah.

Ternyata, ada tanaman hias lainnya yang juga diburu masyarakat Indonesia, yakni pink princess. Tanaman itu juga termasuk keluarga philodendrum, seperti monstera variegata.

"Sekarang yang paling banyak peminat itu monstera, caladium, pink princess, itu harganya tinggi karena warnanya pink, dan kalau sudah tua itu satu daun berbentuk jadi 3. Philodendrum pink princess itu harganya tinggi juga," kata Azis, pedagang tanaman hias di Kota Bogor kepada detikcom, Minggu (27/9/2020).

Namun, harganya tak melambung hingga puluhan juta seperti monstera variegata.

"Kalau pink princess itu Rp 2 juta, paling 3 atau 4 daun," tutur Azis.

Selain philodendrum pink princess, tanaman hias aglonema seperti jenis lipstick, rinjani, dan sebagainya juga diburu. Dihubungi secara terpisah, Ahyar seorang pedagang tanaman hias di Jakarta Barat mengatakan, tanaman-tanaman tersebut bisa dijual dengan harga sampai Rp 5 jutaan.

"Kalau pohonnya sudah full, sepot, itu ada yang Rp 5 juta. Ya tergantung pohon. Aglonema itu yang ramai dominan ke warna merah," kata Ahyar.

Selama 'demam' tanaman hias berlangsung, Ahyar mengaku selalu kehabisan stok tanamannya. Oleh sebab itu, ia juga harus berburu tanaman hias untuk pembibitan, kemudian dijual kembali.

"Kalau saya memang nggak ada bibitan, jadi saya memburu juga ke Bogor, pokoknya ke semak-semak yang di desa-desa, ada kalanya dapat," pungkas dia.



Simak Video "Pedagang Tanaman Hias di Sumedang Panen Cuan saat Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)