Berapa Harga 'Kalung' Air Purifier yang Dipakai Airlangga?

Soraya Novika - detikFinance
Senin, 28 Sep 2020 10:01 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto
Foto: Zaki, Bondan/Humas Kemenko Ekonomi
Jakarta -

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto tampak menggunakan sebuah kotak kecil berwarna putih menempel di sekitar kerah bajunya saat memimpin Rapat Koordinasi Pimpinan Komite PC-PEN dan K/L serta meninjau Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Galang Batang di Bintan, Kepulauan Riau.

detikcom pun mencoba menelusuri apa sih kotak putih yang dikenakan Airlangga saat itu. Bila dilihat bentuk dan cara pemakaiannya, alat tersebut adalah portable air purifier atau pemurni udara bermerek Wein. Adapun portable air purifier yang digunakan Airlangga adalah Air Supply Rechargeable AS-300R Personal Ionic Air Purifier dari Wein Product. Lalu, berapa ya kira-kira harganya?

Di dalam situs resmi Wein Product tertera jelas harga dari portable airpurifier yang digunakan Airlangga. Harganya mencapai US$ 149,95 atau setara Rp 2,23 juta (kurs Rp 14.898/US$).

Adapun klaim alat tersebut adalah dapat memfilter partikel, termasuk partikel berukuran virus Corona. Dapat digunakan selama 28 jam penuh setiap pengisian daya melalui kabel USB tanpa memakai baterai.

Cara kerja alat ini dengan mendorong udara segar dan lebih bersih ke pernapasan si pemakainya. Sedangkan, sebagian besar polutan dan kontaminan udara dihancurkan atau dibuang dari pemakainya.

Dapat dibawa kemana-mana atau portabel, sangat ringan dan berukuran kecil. Ideal untuk perjalanan udara, bioskop, ruang tunggu, atau ruang terbatas apa pun. Alat ini dilengkapi teknologi senyap (tidak berisik), tanpa kipas, tanpa filter, dan bebas perawatan.

(fdl/fdl)