Beri Bantuan Modal ke Pedagang, Jokowi: Jangan Konsumtif

Trio Hamdani - detikFinance
Selasa, 29 Sep 2020 16:28 WIB
Presiden Jokowi berbincang dengan guru di Padang, Sumbar, Rika Susi Waty, Jumat (11/9/2020).
Foto: Presiden Jokowi berbincang dengan guru di Padang, Sumbar, Rika Susi Waty. (Screenshot YouTube Setpres)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali mengundang para pelaku usaha mikro dan usaha kecil ke Istana Kepresidenan Bogor. Dia membagikan langsung bantuan modal kerja Rp 2,4 juta kepadanya para pedagang.

Bantuan modal kerja diberikan masing-masing kepada para pelaku UMKM mulai dari pedagang asongan, pedagang rumahan, hingga pedagang kaki lima.

"Tadi sudah diberi semuanya ini? sudah. Sudah diberitahu isinya? sudah diberitahu isinya berapa? sudah. Berapa isinya? Rp 2.400.000. Oke berarti sudah diberitahu. Berarti untuk modal gado-gado sudah lebih itu," kata Jokowi dikutip dari saluran YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (29/9/2020).

Jokowi mewanti-wanti agar bantuan tersebut tidak disalahgunakan. Jadi, itu harus benar-benar untuk keperluan usaha.

"Tapi hati-hati, jangan dibelikan handphone sisanya ya, harus disimpan untuk kalau-kalau memerlukan untuk perluasan usaha," sebutnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengingatkan agar para pedagang yang mendapatkan modal kerja berpikir layaknya pengusaha.

"Itu juga tadi yang asongan misalnya masih ada sisa dari Rp 2,4 juta tadi dipakai untuk memperbanyak produk yang ada yang kita jual, harus seperti itu. Berpikirnya harus berpikir pengusaha, harus berpikir seperti itu. Jangan sampai ada sisa kemudian dibelikan ke hal-hal yang konsumtif," tambahnya.

(toy/fdl)