Kapan Subsidi Gaji Rp 600 Ribu Tahap Kedua Cair?

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 01 Okt 2020 20:30 WIB
Ilustrasi THR
Ilustrasi/Foto: detikcom
Jakarta -

Bantuan subsidi gaji Rp 600 ribu per bulan sudah dilakukan penyalurannya sejak awal September yang lalu. Bantuan gelombang pertama sudah disalurkan sebanyak Rp 1,2 juta per orang untuk dua bulan, September, dan Oktober.

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengungkapkan bantuan gelombang ke dua sebesar Rp 1,2 juta untuk bulan November dan Desember akan diberikan paling cepat di akhir Oktober.

Dia tidak menjelaskan detil waktunya. Yang jelas Ida mengatakan, pemerintah akan berupaya menyalurkan bantuan gelombang kedua sebelum masuk bulan November.

"Kapan termin kedua dimulai? Insyaallah sebelum November tiba kami akan salurkan subsidi untuk bulan November dan Desember," kata Ida dalam konferensi pers virtual, Kamis (1/10/2020).

Pada gelombang satu sendiri, bantuan diberikan bertahap dengan 5 batch. Hingga kini, realisasinya sudah mencapai 11,65 juta orang yang bantuannya sudah cair, atau sekitar 92,48% dari total 12,4 juta penerima.

Ida juga berpesan agar bantuan yang diberikan bisa digunakan sebaik mungkin oleh para pekerja yang mendapatkannya. Dia juga mengingatkan kalau bisa uang dibelanjakan untuk membeli produk UMKM.

"Kami harap bantuan pemerintah bisa digunakan teman-teman pekerja memenuhi kebutuhannya. Saya juga ingatkan agar dibelanjakan ke pelaku UMKM kita juga," ungkap Ida.

Dia memaparkan, secara makro ekonomi, program subsidi gaji bisa mengungkit konsumsi rumah tangga di tengah masyarakat hingga 0,7%. Dia berharap daya ungkit tersebut bisa memicu pertumbuhan ekonomi.

"Secara makro, estimasinya program ini bisa mendorong konsumsi rumah tangga sebanyak 0,4-0,7%, sehingga diharapkan dapat mengungkit pertumbuhan ekonomi. Sekali lagi kami sampaikan, subsidi gaji upah ini upaya bersama untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional," papar Ida.



Simak Video "Ini Syarat Dapat Rp 600 Ribu dari Jokowi"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)