ADVERTISEMENT

Liputan Khusus

Pandemi Corona Bikin Joki Game Online Kebanjiran Order

Danang Sugianto - detikFinance
Minggu, 04 Okt 2020 16:31 WIB
esport di Asian Games
Foto: Ilustrasi: Edi Wahyono
Jakarta -

Pandemi COVID-19 telah menelan korban PHK dan dirumahkan yang cukup besar. Namun di sisi lain pandemi bisa menjadi pupuk bagi bisnis-bisnis baru, salah satunya joki game online.

Para penyedia jasa joki game online seperti Mobile Legends Bang Bang (MLBB) dan PUBG Mobile kini tengah kebanjiran pesanan. Pendapatan mereka meningkat berkali-kali lipat.

Haikal dan Segaf misalnya, dua remaja pemilik akun Instagram @jokimlbb_jakarta tengah meraup keuntungan berlipat ganda dari sebelum pandemi.

Biasanya per hari klien yang masuk hanya 1-2 orang, tapi saat pandemi melonjak menjadi 15 orang bahkan sempat mencapai 38 klien dalam 1 hari.

"Masa pandemi ini kita lagi jaya-jayanya. Waktu itu pernah 1 hari ada masuk 38 akun," kata Haikal saat berbincang dengan detikcom.

"Iya jauh parah bedanya, biasanya paling masuk cuma 1-2 per hari, ini bisa 15 sampai 38 akun. Ya nggak setiap hari sebanyak itu, tapi minimal jauh di atas hari biasanya," timpal Segaf.

Jasa yang dibanderol mereka bervariasi, mulai dari Rp 5 ribu untuk naik level perbintang sampai Rp 250-300 ribu untuk naik level hingga Mythic. Tergantung juga dari level awal si klien.

Di masa pandemi ini omzet keduanya bisa mencapai Rp 60-80 juta. Pendapatan itu setelah dibagi-bagi ke worker, masing-masing mereka berdua mengantongi pemasukan bersih sekitar Rp 10-15 juta per bulan.

Bersambung ke halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT