Beasiswa LPDP Besok Buka Pendaftaran, Catat Ini Persyaratannya

Tim detikcom - detikFinance
Senin, 05 Okt 2020 16:24 WIB
Cara Daftar Beasiswa LPDP
Beasiswa LPDP Besok Buka Pendaftaran, Catat Ini Persyaratannya (Foto: Tim Infografis: Zaki Alfarabi/detikcom)
Jakarta -

Mulai Kamis, 6 Oktober 2020 besok Beasiswa LPDP atau Lembaga Pengelola Dana Pendidikan di bawah Kementerian Keuangan membuka pendaftaran. Terdapat dua kategori beasiswa LPDP, yakni beasiswa pendidik dan beasiswa perguruan tinggi utama dunia.

Beasiswa pendidik adalah beasiswa jenjang magister untuk guru tetap pada sekolah di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Ada juga beasiswa jenjang doktoral diperuntukkan bagi dosen tetap pada perguruan tinggi di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Kementerian Agama.

Sementara beasiswa perguruan tinggi utama dunia diperuntukkan bagi warga negara Indonesia yang sudah mendapatkan surat keterangan diterima atau Letter of Admission / Acceptance Unconditional dari perguruan tinggi peringkat utama dunia. Namun untuk detail persyaratan, perguruan tinggi tujuan hingga tahapan seleksi hingga saat ini belum diberikan.

Nah, bagi detikers yang ingin mendaftar beasiswa LPDP, berikut ini persyaratan yang harus disiapkan seperti dikutip dari situs IDP

1.Warga Negara Indonesia
2.Telah lulus studi S1 (program sarjana), atau S2 (program magister) dari: perguruan tinggi di dalam negeri, yang terakreditasi oleh BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi); perguruan tinggi kedinasan dalam negeri, perguruan tinggi luar negeri yang diakui oleh Kementerian Riset Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia atau Kedutaan Besar Republik Indonesia di negara asal perguruan tinggi.
3. Jika sedang bekerja, wajib melampirkan surat izin mengikuti seleksi dari departemen sumber daya manusia (HRD)
4. Sebagai peserta untuk beasiswa luar negeri, wajib melampirkan 3 jenis surat keterangan sehat yaitu surat keterangan sehat jasmani dan bebas narkoba, dan surat keterangan tambahan yang menyatakan bebas TBC, dari dokter Rumah Sakit Pemerintah.
5. Melampirkan surat rekomendasi dari pimpinan, tokoh atau pakar di bidangnya.
6. Memiliki IPK minimal 3.0 untuk pelamar S2, dan minimal 3.2 untuk pelamar S3
7. Untuk program ke negara berbahasa Inggris, pelamar S2 wajib membuktikan kefasihan berbahasa Inggris misalnya dengan IELTS minimal 6.5 dan pelamar S2 minimal 7.0 kecuali ia merupakan lulusan Perguruan Tinggi luar negeri.
8. Beasiswa hanya diperuntukkan untuk kelas reguler
9. Melampirkan rencana studi (program magister) yang berisi silabus program studi yang akan ditempuh
10. Menulis proposal studi
11. Melampirkan Proposal Penelitian bagi pendaftar program Doktoral
12. Menandatangani surat pernyataan yang menyatakan bahwa: Pelamar bersedia kembali ke Indonesia selesai studi, Pelamar tidak sedang menerima dan tidak akan menerima beasiswa dari sumber lain, Pelamar tidak sedang dalam status melanggar hukum ataupun mengikuti organisasi yang bertentangan dengan ideologi Pancasila, Pelamar tidak terlibat dalam tindakan yang melanggar kode etik akademik, Selalu mengabdi demi kepentingan bangsa Indonesia, setia kepada NKRI dan sanggup memenuhi ketentuan yang ditetapkan oleh LPDP, Pelamar menyampaikan data dengan benar, sesuai dokumen asli. Serta bersedia menerima sanksi hukum yang berlaku jika dokumen tersebut tidak sah.
13. Pendaftar jenjang Magister maksimal 35 tahun dan jenjang Doktoral maksimal 40 tahun
14. Memiliki LoA Unconditional dari perguruan tinggi yang terdaftar dalam LPDP (khusus jenjang Doktoral)
15. Memilih program studi dan perguruan tinggi yang sesuai dengan ketentuan LPDP
16. Menjalankan masa kuliah tidak melebihi waktu yang ditentukan oleh universitas.
17. Jika terdapat pemalsuan data maka bersedia dinyatakan gugur dari LPDP
18. Membawa SKKB / SKCK dari kepolisian pada waktu seleksi wawancara

Informasi lebih lanjut mengenai syarat beasiswa LPDP, daftar perguruan tinggi, tahapan seleksi hingga ketentuan lain akan disampaikan Selasa besok bersamaan dengan dibukanya registrasi Online. Ada pun registrasi Online bisa dilakukan melalui website beasiswa.lpdp.kemenkeu.go.id.





Simak Video "Nadiem Berharap Penerima LPDP Kembali Ke Tanah Air Usai Studi"
[Gambas:Video 20detik]
(erd/pal)