Istri Steve Jobs Tarik Investasi di 2 Perusahaan Media Gegara Corona

Aulia Damayanti - detikFinance
Kamis, 08 Okt 2020 10:41 WIB
Laurene Powell Jobs
Foto: dok. Getty Images
Jakarta -

Istri miliarder Steve Jobs, Laurene Powell Jobs memangkas investasinya di dunia jurnalisme setelah pandemi COVID-19 menghancurkan industri media. Melalui Organisasi filantropi Powell Jobs, Emerson Collective telah memutuskan hubungannya dengan Majalah Pop-Up dan Majalah California Sunday.

Dikutip dari CNN, Kamis (8/10/2020) keputusan dari Powell dilakukan setelah California Sunday menyatakan akan menghentikan publikasi onlinenya dan 11 karyawan akan di-PHK. Sebelumnya majalah itu juga telah memangkas 70 karyawannya dan berhenti mencetak majalah selama 6 bulan.

Perkembangan ini mendapat reaksi keras dari jurnalis dan pengamat media yang bertanya-tanya mengapa Powell Jobs, menarik kembali investasi jurnalismenya di tengah krisis kesehatan global.

Saat Powell Jobs melalui Emerson Collective pertama kali berinvestasi di dunia jurnalisme juga menuai pertanyaan. Tetapi Powell mengungkap investasinya itu sebagai sebuah apresiasi untuk mendukung jurnalis hebat.

Saat ini pandemi telah menghancurkan sumber pendapatan perusahaan media. Sejumlah media besar terpaksa melakukan cuti, pemotongan gaji, dan melakukan PHK kepada jurnalisnya.

Investasi dan kerjasama yang dilakukan Powell di antaranya, pada 2018 Powell melalui organisasinya Emerson Collective mengakuisisi Pop-Up Magazine Productions .Sebelumnya Powell secara diam-diam telah melakukan investasi pada 2017 dengan menyuntik perusahaan dengan dana senilai US$ 10 juta

Pada tahun yang sama, Emerson Collective mengumumkan telah mengambil alih saham mayoritas di The Atlantic setelah media itu merumahkan 68 staf. Setelah mendapatkan investasi itu The Atlantic mengumumkan beberapa bulan kemudian bahwa mereka telah menambahkan 325.000 pelanggan baru.

Meski kini investasinya dicabut, Emerson Collective berharap kolaborasi mereka bisa dilakukan kembali ketika Pop-Up Magazine Productions mampu mempertahankan bisnisnya.

Emerson Collective mengonfirmasi bahwa kesepakatan kepada dua media itu telah ada sejak Agustus lalu. Keluarnya organisasi Powell pada perusahaan media itu akan memungkinkan media itu beroperasi secara independen tanpa pengawasan Emerson Collective.



Simak Video "Gojek Beri Paket Pesangon ke 430 Karyawan yang Kena PHK"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)