Akhir Oktober Libur Panjang, di Mal Ada Diskon Apa Ya?

Anisa Indraini - detikFinance
Kamis, 22 Okt 2020 12:01 WIB
Pengunjung pusat perbelanjaan Senayan City memadati mal tersebut untuk berburu barang dalam ajang Midnight Sale, Jakarta, Jumat (1/6/2018) malam. Untuk meramaikan puasa di bulan Ramadan 2018 dan jelang Lebaran, sejumlah mal di Jakarta pun menggelar midnight sale. Grandyos Zafna/detikcom

Setiap mal pun menawarkan program diskon yang menggiurkan. Berbagai benda dan barang kebutuhan sehari-hari, kebutuhan liburan, sampai kebutuhan Lebaran tak ketinggalan mendapat sale sampai dengan 70 persen lebih.
Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Pusat perbelanjaan atau mal sering memberikan diskon ke pengunjung. Apalagi, saat ada momen tertentu seperti adanya libur panjang karena cuti bersama pada 28-30 Oktober.

Ketua Umum Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo), Budihardjo Iduansjah mengatakan beberapa penyewa mal telah menyiapkan diskon. Meskipun diskon yang disediakan bulan ini tidak gede-gedean alias hanya tegantung dari masing-masing penyewa toko.

"Kita tidak konsolidasikan. Kalau bulan 10, 11 itu memang masing-masing sudah melakukan diskon tapi tidak terkoordinasi," kata Budi kepada detikcom, Kamis (22/10/2020).

Jenis diskon yang diterapkan saat ini seperti cashback, diskon cuci gudang, beli 2 gratis 1, hingga diskon bagi pengguna beberapa kartu kredit tertentu. "Jadi tergantung masing-masing penyewa, dia juga jual di market place, dia juga jual di mal terserah, kita nggak koordinasiin," ucapnya.

Diskon di mal puncaknya disebut akan diselenggarakan pada 15-31 Desember mendatang. Pihak mal akan mengadakan 'National Discount Week' yang kerja sama dengan Himpunan Bank Milik Negara (Himbara).

"Nanti di bulan 12 lebih dalam nanti kita lagi pikirkan konsepnya 12.12 yang berlangsung tanggal 15-31 (Desember). Jadi konsepnya tuh National Discount Week itu didukung seluruh bank BUMN," tuturnya.

Dengan begitu pada Desember nanti, seluruh pengguna bank Himbara yakni Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BRI, Bank BTN akan mendapat diskon yang diperkirakan bisa hingga 80%.

"Bisa sampai dengan 80% up to. Jadi sifat (diskon)-nya ya sama, cashback, diskon-diskon gitu tapi nanti ada list-nya bisa kita tahu item-nya apa saja. (Sekarang) belum matang, ntar rapat-rapat dulu sama bank Himbara, sama idEA (asosiasi e-commerce), sama asosiasi mal juga kita hubungi," tandasnya.

(fdl/fdl)