Prabowo Beberkan Strategi Jokowi 'Kawinkan' Pertahanan Militer & Pangan

Jauh Hari Wawan - detikFinance
Jumat, 23 Okt 2020 16:23 WIB
Presiden Jokowi dan Menhan Prabowo Subianto berbincang di proyek lumbung pangan di Kalteng
Foto: Laily Rachev-Biro Pers Setpres
Yogyakarta -

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyebut kawasan hutan bisa berperan untuk mendukung terwujudnya kedaulatan pangan. Menurutnya, hutan-hutan tropis di Indonesia yang masih tersisa perlu dipertahankan dan dilestarikan.

"Lahan hutan dapat menghasilkan aneka ragam pangan, seperti padi, jagung, kacang - kacangan, ubi kayu, dan penghasil material bahan kayu berkualitas premium," kata Prabowo saat memberikan arahan saat Rapat Senat Terbuka Dies Natalis ke-57 Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada (UGM), Jumat (23/10/2020).

"Sementara, lahan hutan yang rusak, kritis dan yang belum dioptimalkan perlu dimanfaatkan menjadi lahan - lahan produktif, khususnya untuk mendukung kedaulatan pangan nasional," sambungnya.

Pemerintah, dalam hal ini Presiden menurut Prabowo semakin menyadari bahwa pemenuhan hak pangan rakyat merupakan masalah strategis, menyangkut jatuh bangunnya sebuah bangsa.

"Presiden Joko Widodo ingin mengembangkan pertahanan yang kuat berdimensi holistik melalui penguatan pertahanan militer dan non-militer sekaligus," terangnya.

Buruan klik halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2