Sudah Sembuh dari Corona, Edhy Prabowo: Napas Saya Masih Sesak

Soraya Novika - detikFinance
Senin, 26 Okt 2020 11:50 WIB
Menteri KKP Edhy Prabowo
Foto: dok KKP
Jakarta -

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) bersama dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi pagi ini menyelenggarakan penandatanganan kerja sama untuk meningkatkan budidaya perikanan di daerah. Dalam acara tersebut turut hadir Menteri KKP Edhy Prabowo meresmikan rangkaian kerjasama tersebut, meskipun masih merasa sesak nafas efek positif COVID-19.

Sebagaimana diketahui, Edhy sebelumnya memang terkonfirmasi positif terkena virus COVID-19. Kini Edhy sudah sembuh.

"Saya berdiri ini nahan napas juga, napasnya masih sesak juga," kata Edhy saat memberi sambutan pada acara Peningkatan Produksi Budidaya Perikananan Melalui Optimalisasi BRSDM bekerja sama dengan BLU-LPMUKP, Senin (26/10/2020).

Adapun kerjasama yang dibangun kedua kementerian tersebut meliputi penyerahan kredit Lembaga Pengelola Modal Usaha Kelautan dan Perikanan (LPMUKP) kepada 18 koperasi dan 2 kelompok penyuluh bersama masyarakat di berbagai daerah.

Total kredit yang dialirkan adalah senilai Rp 19,891 miliar untuk luasan lahan sekitar 17 hektar dan 5 unit pengolahan ikan di setiap UPT Politeknik, SUPM, serta Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDM) KKP.

"Penyerahan kredit LPMUKP kepada koperasi-koperasi milik satuan pendidikan, riset dan pelatihan dari lingkungan BRSDM sekaligus menyaksikan penandatanganan perjanjian kerjasama antara Kementerian Desa PDT dan Transmigrasi dengan Kementerian Kelautan Perikanan," ujar Kepala Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan Sjarief Widjaja.

Koperasi-koperasi yang menerima kredit tersebut terdiri atas berbagai UPT yang berasal dari Politeknik AUP, Politeknik Sidoarjo, Politeknik Sorong, Politeknik Kerawang, Politeknik Pangandaran, Politeknik Bone, Politeknik Jembrana, SUPM Ladong, SUPM Pariaman, SUPM Kota Agung, SUPM Tegal, SUPM Bone, SUPM Waiheru, Balai Riset Perikanan Laut Gondol, Balai Riset Perikanan Budidaya Payau Maros, Balai Riset Pemulihan Ikan Sukamandi, BP3 Banyuwangi, BP3 Bitung, Perikanan bersama demplotnya bersama masyarakat dari Cirebon dan penyuluh perikanan bersama masyarakat dari Indramayu.

Kredit yang dibagikan tujuannya untuk mengoptimalisasi budidaya perikanan seperti pengembangbiakan benur udang vaname, penyuntikan induk patin, processing baby tuna, pembangunan konstruksi tambak udang vaname.

Usai memberi sambutan, Edhy bersama jajaran yang terkait lainnya melakukan prosesi penekanan tombol secara virtual sebagai tanda dimulainya optimalisasi budidaya perikanan tersebut.

Sebelumnya, Edhy Prabowo sempat dirawat di RSPAD Gatot Subroto karena COVID-19. Edhy kini sudah sembuh.



Simak Video "Geledah Kementerian Kelautan, KPK Sita Mata Uang Asing dan Dokumen"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)