100 Hypermarket Arab Bakal 'Gelar Dagangan' di RI

Vadhia Lidyana - detikFinance
Senin, 26 Okt 2020 12:19 WIB
supermarket lulu
Foto: Dok. detikFood
Jakarta -

Hypermarket asal Uni Emirat Arab (UEA) yakni LuLu Hypermarket akan membuka 100 cabang di Indonesia selama 3 tahun ke depan. Hal itu diungkapkan oleh Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk UEA Husin Bagis dalam Blak-blakan detikcom.

"Dan mereka target kalau bisa dalam 3 tahun 100 cabang LuLu di Indonesia," ungkap Husin kepada detikcom, Senin (26/10/2020).

Husin mengungkapkan, pembukaan 100 cabang itu akan memperluas jangkauan LuLu Hypermarket, yang saat ini baru ada 4 cabang di Indonesia, 3 di Jawa Barat (Jabar), dan 1 di Banten. Lokasi 4 cabang itu antara lain di Cakung, Sentul, Sawangan, dan BSD City. "LuLu juga buat 4 hypermarket di Jabar," imbuh dia.

Husin mengatakan, pembukaan cabang LuLu Hypermarket merupakan salah satu komitmen kerja sama Indonesia-UEA dalam investasi. Secara keseluruhan, Indonesia-UEA sudah meneken 11 perjanjian bisnis dan 5 perjanjian pemerintah dengan pemerintah yang meliputi bidang energi, migas, petrokimia, pelabuhan, telekomunikasi, dan riset senilai US$ 22,89 miliar atau setara Rp 314,9 triliun.

Di luar itu, Husin membeberkan UEA juga akan berinvestasi pada kebun blueberry di Lembang, Jabar. Bahkan, kerja sama kebun blueberry itu ditargetkan rampung pekan ini.

"Untuk proyek kerja sama pengembangan blueberry, buah-buahan. Jadi bisa dibayangkan birokrasinya di republik itu. Dan mudah-mudahan minggu ini selesai," imbuh dia.

Adapun luas kebunnya yakni 19,5 hektare (Ha). Kerja sama itu telah dibahas setahun ke belakang ini. "Bayangkan kita punya rencana kira-kira minggu ini selesai. Itu perlu hampir setahun waktunya hanya untuk mengurus tanah di Lembang 19,5 Ha," pungkas Husin.

(fdl/fdl)