Pria Ini Jadi Miliarder Sebelum Usia 30, Lunasi Utang Ortu Rp 500 Juta

Danang Sugianto - detikFinance
Rabu, 28 Okt 2020 05:25 WIB
thumbnail dmentor chandra putra negara
Foto: 20Detik
Jakarta -

Menanggung beban utang keluarga hingga Rp 500 juta merupakan pil pahit yang harus ditelan Chandra Putra Negara saat masih duduk di bangku kuliah. Tapi pil itulah yang membuat dia menjadi miliarder bahkan sebelum menyentuh usia 30 tahun.

Chandra saat ini merupakan Co-Founder dari sejumlah perusahaan yang berada di bawah naungan induk usaha CPN Group. Selain itu dia juga seorang motivator pemilik akun Youtube Succes Before 30.

Nama akun Youtube itu dia ambil dari pengalaman pribadinya. Chandra menganggap dirinya sukses karena sebelum usia 30 dia sudah memiliki harta setara Rp 15 miliar.

"Kata Succes Before 30 itu bermula dari pencapaian saya. Jadi saya mencapai US$ 1 juta itu di usia 30 tahun. Kalau dirupiahkan sekarang lebih kurang Rp 15 miliar," tuturnya saat berbincang dalam acara d'Mentor.

Semua itu bermula di tahun 1998, ketika itu dia masih berusia 22 tahun. Saat itu kondisi keuangan keluarga Chandra berantakan. Ibunya sakit-sakitan, orang tuanya juga memiliki utang Rp 500 juta karena ditipu rekan usahanya.

Chandra yang saat itu merupakan mahasiswa jurusan teknik industri berpikir, jika dia lulus dan melamar kerja di perusahaan, dia merasa sangat tidak mungkin bisa melunasi utang orang tuanya sebesar Rp 500 juta.

"Apakah saya mau berharap dengan gelar sarjana saya, saya melamar pekerjaan di pabrik lah, di kantor dengan harapan gaji yang sangat tinggi supaya bisa melunasi utang keluarga saya. Saya rasa itu tidak memungkinkan," tuturnya.

"Waktu itu saya hitung kalau utang orang tua Rp 500 juta, dengan gaji Rp 2,5 juta. Saat 1998 gaji segitu besar loh. Tapi dengan gaji sebesar itu saya butuh waktu 200 bulan untuk melunasi semua. Dengan asumsi saya tidak makan, tidak minum, tidak menabung, tidak mencicil apapun," tambahnya.

Akhirnya pilihan melamar pekerjaan di perusahaan dia buang jauh-jauh. Chandra pun terbesit untuk menjadi reseller sebuah produk dengan komisi yang cukup besar.

Pilihan Chandra tepat. Usahanya menjadi reseller berkembang dan dia bisa menjadi distributor. Dengan memiliki jaringan distribusi yang luas akhirnya dia bisa melunasi utang orang tuanya itu dalam waktu 3 tahun atau saat usia 25 tahun.

"Artinya saya mempunyai sebuah tekad. Kalau di usia muda itu kita harus mempunyai sebuah semangat, apalagi kalau kita punya tekanan. Jangan menyerah, jalan itu pasti ada," tuturnya.

Setelah utang orangtua lunas, di usia 26 tahun dia sudah bisa membeli mobil. Satu tahun kemudian dia bisa membeli rumah pertamanya. Kemudian akhirnya sebelum usia 30 tahun hartanya sudah mencapai US$ 1 juta.



Simak Video "Pentingnya Relasi Dalam Berbisnis"
[Gambas:Video 20detik]
(das/zlf)