Hari Pertama Cuti Bersama, 9.696 Orang Naik Kereta Keluar Jakarta

Soraya Novika - detikFinance
Rabu, 28 Okt 2020 11:26 WIB
Pembatasan aktivitas mulai dilonggarkan di masa PSBB Transisi. Meski begitu, protokol kesehatan wajib diterapkan di sejumlah ruang publik termasuk stasiun.
Ilustrasi/Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Hari pertama cuti bersama atau long weekend mendorong orang-orang bepergian dari Jakarta. Salah satunya menggunakan kereta api jarak jauh.

Berdasarkan data yang dihimpun PT Kereta Api Indonesia (Persero), ada 9.696 orang yang sudah memesan tiket untuk keluar Jakarta hari ini atau 98% dari total 9.748 tempat duduk yang tersedia.

Hari ini bahkan disebut sebagai puncak pemesanan tiket kereta api selama long weekend kali ini.

"(Puncak pemesanan tiket) hari ini," ujar Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa kepada detikcom, Rabu (28/10/2020).

Dari total pemesanan tiket tersebut, 3.381 di antaranya terjual untuk keberangkatan dari Stasiun Gambir, 5.750 tiket dari Stasiun Pasar Senen, dan 565 tiket dari Stasiun Jakarta Kota. Dari total itu, pemesanan tiket paling banyak untuk keberangkatan siang ke malam.

"(Paling banyak) Keberangkatan siang ke malam," sambungnya.

Sedangkan, untuk keberangkatan hari-hari berikutnya mengalami penurunan, yang mana pada 29 Oktober baru terjual sebanyak 5.575 tiket atau 82% dari kapasitas tempat duduk yang disediakan. Demikian pula dengan keberangkatan 30 Oktober, baru terjual 2.420 tiket atau 29,7% dari total ketersediaan kursi.

Adapun ketersediaan jumlah tempat duduk yang disiapkan tetap dibatasi dengan kapasitas maksimal hanya 70% dari total kapasitas keseluruhan. Hal ini dilakukan agar penjagaan jarak fisik antar penumpang di kereta untuk protokol kesehatan tetap dapat diterapkan.

(ara/ara)