Menlu AS Datang ke RI, Minta Insentif dan Korupsi Diberantas

Vadhia Lidyana - detikFinance
Jumat, 30 Okt 2020 07:00 WIB
Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Michael Richard Mike Pompeo kembali lakukan lawatan ke Indonesia. Ia pun disambut hangat Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Bogor.
Foto: dok. Setpres RI/Muchlis Jr
Jakarta -

Menteri Luar Negeri (Menlu) Amerika Serikat (AS) Michael Richard 'Mike' Pompeo berkunjung ke Indonesia kemarin, Kamis (27/10) untuk bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menlu Retno Marsudi.

Dalam pertemuan antara Pompeo dan Retno di kantor Kementerian Luar Negeri, Jakarta Pusat, kedua pihak membahas beberapa hal. Salah satunya ialah fasilitas Generalize System of Preference (GSP) atau keringanan bea masuk impor barang ke AS yang selama ini diberikan untuk negara berkembang.

"Saya kembali menggarisbawahi pentingnya fasilitas GSP yang tidak hanya membawa manfaat bagi Indonesia tetapi juga bagi pelaku bisnis AS," kata Retno di hadapan Pompeo, di Jakarta, Kamis (29/10/2020).

Selain GSP, Retno juga membahas sektor investasi. Melalui Pompeo, ia mengajak perusahaan AS untuk lebih gencar berinvestasi di Indonesia, terutama di pulau-pulau terluar.

"Saya mendorong bisnis AS untuk lebih banyak berinvestasi di Indonesia, termasuk untuk proyek-proyek di pulau-pulau terluar Indonesia, seperti Pulau Natuna," ucap Retno.

Selanjutnya
Halaman
1 2