Seruan Boikot Bergema, Ini 3 Fakta Produk Prancis yang Ada di RI

Danang Sugianto - detikFinance
Jumat, 30 Okt 2020 18:00 WIB
bendera Prancis
Bendera Prancis/Foto: Internet
Jakarta -

Prancis kian mendapatkan tekanan dari berbagai negara yang mayoritas penduduknya beragama muslim. Mereka menyerukan boikot produk Prancis.

Indonesia sebagai negara berpenduduk muslim terbesar juga ikut mendengar gaungannya. Indonesia sudah mengambil sikap melalui Kementerian Luar Negeri RI yang memanggil duta besar Prancis di Indonesia, Olivier Chambard.

Meski begitu belum ada seruan dari pemerintah Indonesia untuk mengajak masyarakat muslim RI boikot produk Prancis. Namun, netizen Indonesia sudah sangat ramai membahas gerakan boikot produk Prancis.

Berikut 3 fakta menggaungnya seruan boikot produk Prancis:

1. Akar Masalah

Kehebohan ini berakar dari pernyataan Presiden Prancis Emmanuel Macron yang menyatakan tidak akan menarik karikatur Nabi Muhammad SAW dan berperang dengan Islam radikal. Semua itu berawal dari seorang guru yang dibunuh karena menunjukkan karikatur tersebut.

Pernyataan pernyataan Macron yang menyatakan perang terhadap separatisme Islam juga telah membuat Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan yang geram dan meminta warga Turki memboikot barang Prancis.

Indonesia yang mayoritas memeluk agama Islam juga ikut tersulut, terutama para netizen.

Berlanjut ke halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2