Luhut Blak-blakan soal Gencarnya Proyek Lumbung Pangan

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Sabtu, 31 Okt 2020 10:30 WIB
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan/Foto: KEMENKO MARVES
Jakarta -

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan buka-bukaan soal gencarnya pembangunan food estate atau lumbung pangan. Menurut Luhut food estate dibangun dalam rangka memenuhi ketahanan pangan nasional.

Pasalnya, meskipun data indeks ketahanan pangan nasional naik, tapi nyatanya jumlah impor bahan pangan masih tinggi.

"Saya berpikir sudah saatnya kita harus membenahi ketahanan pangan nasional kita. Meskipun indeks ketahanan pangan nasional Indonesia naik, nyatanya tidak selaras dengan ketahanan pangan mandiri kita karena masih adanya peningkatan jumlah impor bahan pangan setiap tahunnya," kata Luhut dalam akun Instagram @luhut.pandjaitan, dikutip Jumat (30/10/2020).

Luhut juga mengatakan di tengah ancaman krisis pangan global, terobosan dan inovasi dalam memenuhi ketahanan pangan harus dilakukan. Food estate salah satunya.

Apalagi, Organisasi PBB bidang pangan dan pertanian (Food and Agriculture Organization/FAO), telah mengungkapkan pandemi Corona membawa ancaman krisis pangan dunia.

"Hari ini kita mungkin belum merasa resah karena bahan pangan masih tersedia, namun krisis pangan global sudah mengintai dari jauh. Oleh karena itu, kita tidak boleh tinggal diam, terobosan dan langkah harus terus diupayakan demi mempersiapkan segala kemungkinan yang terjadi di masa mendatang," jelas Luhut.

Selain di Kalimantan Tengah, pembangunan food estate juga berlangsung di Sumatera Utara. Bagaimana detail pembangunan food estate di Sumatera Utara? Langsung klik halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2